Pendidikan & Kesehatan

Bangun dan Rehab Puskesmas, Pemkab Ponorogo Rogoh Dana Rp5,9 M

Kepala Dinkes Ponorogo drg Rahayu Kusdarini [foto: Endra Dwiono]

Ponorogo (beritajatim.com) – Untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat yang ada di pinggiran, tahun depan Pemkab Ponorogo berencana untuk membangun dan merehab Puskesmas. Proyek pembangunan puskesmas itu terletak di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun. Di sana sudah ada tanah hibah yang siap untuk dibangun.

“Pembangunan gedung Puskesmas baru di Desa Selur menelan anggaran sebesar Rp4,8 miliar,” kata Kepala Dinkes Ponorogo drg. Rahayu Kusdarini, Rabu (30/10/2019).

Anggaran sebanyak itu, kata Irin, hanya untuk biaya pembangunan gedung. Setelah pembangunan selesai, pihaknya baru akan menganggarkan untuk alat-alat kesehatan (alkes). Irin menambahkan, pembangunan layanan kesehatan di Desa Selur ini, ada wacana dibangun rumah sakit tipe C atau D.

Namun niat itu diurungkan, karena banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi untuk pendirian rumah sakit. “Lebih baik membangun puskesmas dulu, lalu secara bertahap dikembangkan hingga setara dengan rumah sakit,” kata mantan Kepala Puskesmas Kauman itu.

Selain pembangunan Puskesmas di Kecamatan Ngrayun, Pemkab Ponorogo juga akan merehab atau perluasan Puskesmas Pulung. Tidak hanya akan menambah gedung baru, Pemkab juga akan membeli alkes tambahan. Karena diketahui, Puskesmas di sana sudah ada rawat inapnya. Jadi perluasan juga akan menambah kamar.

“Perluasan Puskesmas Pulung ini anggarannya mencapai Rp1,1 miliar. Selain untuk pembangunan gedung baru, anggaran itu juga dibelikan alat-alat kesehatan seperti tempat tidur baru,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar