Pendidikan & Kesehatan

Bandara Abdul Rachman Saleh Pasang Alat Deteksi Virus Corona

Kedatangan penumpang di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang.

Malang (beritajatim.com) – Otoritas Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang memasang alat Thermal Scanner untuk mengantisipasi virus corona masuk ke wilayah Malang. Alat ini dipasang di area kedatangan, semua penumpang setelah turun dari pesawat wajib melewati alat deteksi ini.

“Sebenarnya untuk Malang sudah tersaring sejak dari Jakarta dan Bali. Tetapi tetap kami tidak mau kecolongan sehingga perlu antisipasi,” ujar Korwil Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 2 Probolinggo wilayah kerja Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, Diana M Zakari, Selasa, (28/1/2020).

Zakari mengatakan, sebagai bandara domestik pesawat yang berangkat dan datang hanya untuk wilayah-wilayah di Indonesia saja, seperti Bali dan Jakarta. Namun, bandara Bali dan Jakarta berstatus internasional, penumpang dari dua wilayah itulah yang perlu diantisipasi.

“Kami antisipasi kalau saja ada yang lolos dari dua bandara tersebut. Semua penumpang yang turun wajib melintasi alat ini. Mereka yang terindikasi sakit panas tinggi bakal terdeteksi berwarna merah di mesin,” papar Diana.

Diana mengungkapkan bila penumpang yang datang terdeteksi warna merah. Petugas akan melakukan pemeriksaan kepada penumpang. Setelah itu, bila positif terkena virus corona pihak Bandara Abdul Rachman Saleh akan membawa penumpang ke RSSA sebagai rumah sakit rujukan. “Jadi diperiksa dulu untuk memastikan, kalau memang terindikasi terinfeksi maka akan kami rujuk ke RSSA,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar