Pendidikan & Kesehatan

Balai Bahasa Optimistis Bahasa Indonesia Jadi Terapan Utama Bahasa Luar Ruang

Surabaya (beritajatim.com) – Balai Bahasa Jawa Timur memberikan penghargaan kepada sejumlah Bahasa Media Luar Ruang, Senin (11/11/2019). Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada pihak  yang aktif menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa luar ruang.

Dalam kegiatan itu pula Mustakim selaku Kepala Balai Bahasa Jatim mengatakan bahwa penggunaan bahasa media luar ruang mengalami peningkatan. Bahasa media luar ruang adalah bahasa yang digunakan di ruang publik, seperti nama gedung bangunan, nama jalan dan sebagainya.

“Walaupun kapasitasnya tidak terlalu besar, bahasa masih cukup mendominasi makin ke sini terutama pada ruang publik di Jatim,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa saat ini Bahasa Indonesia terus digenjot untuk dijadikan bahasa utama terutama dalam penggunaan bahasa luar ruang. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan apresiasi dan terus mengajak kalangan muda menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mustakim juga mengatakan di Surabaya sebagai kota metropolitan memiliki standar tersendiri dalam penilaian penggunaan bahasa luar ruang. Hal tersebut dikarenakan di Surabaya bahasa Inggris masih memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

“Penilaian di Surabaya itu disesuaikan, karena Bahasa Inggris lebih komersil, contohnya es teh dan ice tea punya nilai jual yang berbeda. Ini yang harus terus didorong untuk lebih memberikan persepsi yang lebih tinggi kepada penggunan Bahasa Indonesia,” ungkapnya.

Terlebih lagi saat ini ia menuturkan bahwa terjadi titik balik dari penggunaan bahasa. Ia menjelaskan bahwa penggunaan bahasa daerah menjadi lebih diminati. Olehnya ia berharap besar, bahwa Bahasa Indonesia mampu menjadi bahasa terapan sehari hari dimana pun dan kapan pun.[adg/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar