Pendidikan & Kesehatan

Baby Bee Bakal Launching Lagu Sahabat Anak

Surabaya (beritajatim.com) – Baby Bee berencana menggelar launching lagu anak secara virtual. Sebuah acara bertajuk “Virtual Lauching Lagu Anak Baby Bee Sahabat Belajar Anak”. Launching bakal disertai juga diskusi terkait pendidikan anak bersama pakar.

Dalam rilis yang diterima redaksi beritajatim.com, Jumat (11/6/2021), dijelaskan beberapa situasi dan kondisi pendidikan global saat ini. Utamanya masalah pendidikan terkait situasi pandemi Covid-19.

Selain diskusi atau Chit & Chat bersama para pakar, dalam acara ini akan ada juga “Virtual Lauching Lagu Anak Baby Bee Sahabat Belajar Anak”. Dalam sesi tersebut nantinya akan dibahas pentingnya lagu dan permainan dalam proses belajar anak. Adapun narasumber yang akan membahas tema ini antara lain:

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim telah memutuskan pembelajaran tatap muka di sekolah yang akan dimulai Juli 2021. Faktor ketertinggalan, vaksinasi guru dan hasil survei yang menyatakan keinginan orangtua dan murid untuk belajar offline menjadi latar belakang munculnya keputusan ini. Meskipun sekolah tatap muka yang dicanangkan pemerintah mulai Juli 2021 ini bersifat sukarela, namun setiap orangtua sudah selayaknya melakukan persiapan.

Pandemi Covid-19 yang membuat sekolah harus terhenti selama hampir satu tahun lebih ini memang membuat semuanya serba salah. Pembelajaran daring yang dihadirkan sebagai solusi ternyata tidak berjalan maksimal. Siswa yang belum terbiasa belajar dengan teknologi diyakini merupakan jadi penyebab tidak optimalnya pembelajaran online.

Dari evaluasi dan segala pertimbangan yang ada maka pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia kemudian memutuskan untuk memberlakukan pemberlajaran tatap muka per-Juli 2021.

Rasa Bimbang dan Ragu untuk Sekolah Tatap Muka

Walaupun pemerintah sudah memiliki banyak pertimbangan untuk kembali membuka sekolah bagi peserta didik, sebagai orangtua perasaan was-was dan bimbang akan penularan Covid-19 akan tetap ada.

Namun melihat ketertinggalan pendidikan Indonesia dengan negara lain yang sudah menjalankan pembelajaran langsung, tentu membuat orangtua perlu menyadarinya. Dari sinilah kita sebagai orangtua sebaiknya mulai melakukan persiapan menyabut tahun ajaran baru ini. Toh kalau anak sudah ingin sekali masuk sekolah, sebagai orangtua kita akan sulit melarangnya kan!

Maka dari itu sebagai orangtua mulai sekarang sangat perlu membuat persiapan bilamana memang anak harus masuk sekolah. Lalu seperti apa bentuk persiapan yang bisa dilakukan orangtua menyambut pembelajaran tatap muka bulan Juli nanti?

Baby Bee X UNICEF Indonesia dan Chit Chat with BEE Expert

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka ini. Namun alangkah baiknya, para orangtua mendengar langsung kiat-kiat persiapan anak masuk sekolah tatap muka dari pakarnya dengan mengikuti acara Baby Bee X UNICEF Indonesia dan Chit Chat with BEE Expert.

Baby Bee sebagai platform edukasi anak usia dini terpopuler yang disusun dengan kurikulum PAUD-TK dan sesuai budaya Indonesia, memang merasa terpanggil untuk memberikan solusi atas keadaan ini. Dari sinilah kemudian BabyBee menghadirkan acara Baby Bee X UNICEF Indonesia dan diskusi Chit Chat with BEE Expert.

Dalam diskusi kali ini, BabyBee akan menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya, yakni:

1. Ermi Ndoen, Pemerhati Anak UNICEF Perwakilan Surabaya, yang akan membahas “Protokol Kesehatan untuk Persiapan Anak Masuk Sekolah Tatap Muka”.
2. Ibu Maria Farida Kurniawati. S. Psi Psikolog, Founder Baby Smile School Surabaya, yang akan membahas “Persiapan Psikis Anak Menghadapi Sekolah Tatap Muka”.

Virtual Lauching Lagu Anak Baby Bee Sahabat Belajar Anak
Selain diskusi atau Chit & Chat bersama para pakar, dalam acara ini akan ada juga “Virtual Lauching Lagu Anak Baby Bee Sahabat Belajar Anak”. Dalam sesi tersebut nantinya akan dibahas pentingnya lagu dan permainan dalam proses belajar anak. Adapun narasumber yang akan membahas tema ini antara lain:

1. Sabathania, Penulis Buku dan Founder Baby Bee
2. Henry Setiawan, Co Founder & Music Director Lagu Anak Baby Bee.
3. Vici Raharjo, Samville Studio Co Founder Lagu Anak Baby Bee
4. Abdul Hamid, IT & SEO Optimization Co Founder Baby Bee
5. Endah Ayu Rahma, Voice Over Baby Bee
6. Dian Rini, Co Founder & Marketing

Kenapa Belajar Harus dengan Lagu dan Permainan?

“Bermain adalah salah satu media untuk menstimulasi perkembangan dan kecerdasan seorang anak. Alat permainan edukasi harus aman, sesuai dengan usia anak, dan mampu menstimulasi berbagai perkembangan anak seperti kognitif, berbahasa dan keterampilan motorik.” dr. Theresia Santi, Sp.A (DokterSpesialis Anak).

Anak-anak memang akan cenderung lebih mudah menyerap informasi ketika pembelajaran dikemas dalam bentuk permainan. Pembelajaran semacam ini sendiri dikenal dengan model pembelajaran interaktif yang memiliki definisi sebagai model pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centered) dimana guru berperan sebagai pengajar, motivator, fasilitator, mediator, evaluator, pembimbing interaktif.

Dengan menerapkan metode pembelajaran interaktif maka akan didapatkan beberapa manfaat yaitu:

1. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik.
2. Materi belajar lebih mudah dipahami.
3. Waktu mengajar tidak lama sehingga tidak membuat anak menjadi jenuh.
4. Kualitas belajar dapat ditingkatkan di mana dan kapan saja.

Dari sinilah kemudian Babybee menghadirkan metode pembelajaran interaktif sambil bermain dengan tujuan membantu orang tua dan guru memberikan pengajaran untuk anak dari rumah. Untuk menghadirkan pembelajaran interaktif ini BabyBee telah menghadirkan beberapa media pembelajaran yang mendukung seperti:

– Animasi 2D dan 3D
– Lift the Flap Book
– Musik dan lagu-lagu anak Indonesia
– Puppet show
– Aplikasi game edukasi interaktif
– Taman wisata

Adapun kegiatan Baby Bee bisa diikuti melalui IG Live @babybeeid dan tayang juga di AMTV (Aula Media), hari Sabtu, 19 Juni 2021, pukul 14.00-15.00 WIB. [but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar