Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Babak Baru Sinergi Udinus dengan Pemerintah Kota Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri kembali menggelar pertemuan dengan Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Agendanya, pembahasan teknis kerjasama antar kedua pihak. Bertempat di Balaikota Kediri, pertemuan tersebut dihadiri oleh sejumlah petinggi Udinus beserta sejumlah pihak dari Pemkot Kediri, di antaranya Kepala Barenlitbang, Dinas Kominfo, Kabag Perekonomian, dan Plt. Kabag Umum.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Pemerintah Kota Kediri dengan Udinus di mana dua minggu yang lalu ada penandatanganan MoU kerjasama. Jadi ada beberapa pengembangan-pengembangan teknologi yang nantinya akan ada kerjasama antara Udinus dengan Pemkot Kediri, termasuk juga pendidikan, utamanya adalah perguruan tinggi,” terang Chevy Ning Suyudi, Kepala Barenlitbang Pemkot Kediri.

Kerjasama ini juga melibatkan Bagian Perekonomian dan Dinas Kominfo sebagai alih teknologi. Pemkot Kediri menilai Udinus merupakan Perguruan Tinggi dengan kredibilitas sangat baik yang menyandang akreditasi A, oleh karena itu Pemkot Kediri mantab menjadikan Udinus sebagai partner dalam bekerjasama berbagai aspek. “Walaupun Udinus masih baru di Kota Kediri, tetapi eksistensinya diakui cukup baik di Semarang, bahkan di Indonesia,” tutur Chevy.

Selain faktor akreditasi, Udinus juga dinilai telah berpengalaman dalam bekerjasama dengan Pemkot Semarang dengan hasil capaian yang baik. Kerjasama yang terjalin sejak tahun 2020 ini berawal saat Udinus membuka cabang kampus di Kota Kediri. Mulanya, kerjasama tersebut ditandai dengan pemberian beasiswa kepada lima puluh warga Kota Kediri.

Pemkot Kediri berharap melalui kerjasama ini dapat terjalin simbiosis mutualisme yang dapat menguntungkan masing-masing pihak. “Semoga Udinus bisa semakin berkembang besar di Kota Kediri yang bisa menaikkan angka IPM Kota Kediri. Sedangkan untuk Pemkot Kediri, semoga tata kelola pemerintahannya bisa semakin baik, karena Udinus sudah berpengalaman menggarap smart city Kota Semarang dengan sangat baik,” jelas Chevy.

Sementara itu, Mohamad Siddiq, S.Si., M.Kom., Direktur Dian Nuswantoro Teknologi menjelaskan bahwa di dalam perguruan tinggi terdapat Tri Dharma, yang berisi salah satunya menjalin kerjasama dengan pihak mana pun, dalam hal ini yakni Pemkot Kediri. Tidak hanya bersinergi dengan Kota Kediri, Udinus juga telah berkolaborasi dengan Kota-Kota di Pantura, bahkan hingga dengan Kabupaten/Kota di luar Pulau Jawa.

“Masyarakat mengenal Udinus sebagai perguruan tinggi IT, sebenarnya ada bidang lain yang belum diketahui masyarakat yang sebenarnya juga memiliki potensi untuk bekerjasama dengan masyarakat,” jelas Siddiq.

Berbagai bidang kerjasama yang telah direalisasikan Udinus, di antaranya dalam kegiatan percepatan vaksinasi. Udinus turut membantu Pemkot Semarang dalam percepatan vaksinasi sebagai sentra vaksinasi.

“Kami berharap melalui kerjasama ini bisa saling meningkatkan baik layanan kepada masyarakat maupun kinerja masing-masing organisasi. Selain itu kami juga berharap dapat meningkatkan kerjasama, sehingga potensi yang ada dalam Udinus dan Pemkot bisa sinergi, sehingga menjadi suatu kekuatan yang besar,” pungkas Siddiq. [nm/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar