Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Awas, Kasus DBD di Gresik Mulai Meningkat

Foto: Ilustrasi nyamuk Demam Berdarah

Gresik (beritajatim.com) – Di tengah musim hujan kasus demam berdarah dengue atau DBD sejak awal Januari 2022 kasusnya mulai meningkat. Di rumah sakit di Gresik sudah ada puluhan pasien DBD yang dirawat.

Pasien di RS Graha Petrokimia Gresik misalnya. Rumah sakit yang ada di Jalan Ahmad Yani ini sejak awal tahun merawat 15 pasien dirawat dengan diagnosa DBD. Hal yang sama di RSUD Ibnu Sina juga sudah mulai banyak merawat pasien yang diagnosa terkena DBD.

Dirut RSUD Ibnu Sina Gresik, dr Soni menuturkan, saat ini ada delapan pasien DBD yang sedang dirawat. Dari jumlah itu, lima orang berusia dewasa dan tiga di antaranya anak-anak.

“Musim hujan seperti ini memang harus lebih waspada. Sebab, genangan air sangat memicu nyamuk untuk berkembang biak. Sehingga, langkah utama untuk mencegah DBD ini melalui 3M.

Untuk mengantisipasi itu, masyarakat pun juga mulai menerapkan 3M Plus. Malahan tidak hanya di rumah-rumah, para siswa SMAN 1 Gresik berupaya melakukan pencegahan dengan menaburkan obat abate di tempat air.

Sharim Dezhneva misalnya siswi kelas X SMAN 1 Gresik mengatakan, dirinya menaburkan abate ke kolam hingga bak di toilet merupakan inisiatif sendiri. Sebab, selain kegiatan di rumah, para siswa berjam-jam melakukan aktivitas di sekolah.

“Ini kami lakukan supaya jentik-jentik nyamuk yang ada di genangan air mati. Sehingga, biar aman saat melakukan aktivitas,” pungkasnya. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar