Pendidikan & Kesehatan

Aucky Hinting Dokter Seniman, Art Above the ART

Surabaya (beritajatim.com) – Siapa bilang menjadi seorang dokter menghalangi bakat untuk menjadi seorang seniman, karena meski berkutat dengan ilmu eksakta, seorang dokter juga bisa mendalami kesenian. Rupanya hal itu dibuktikan oleh seorang Aucky Hinting.

dr Aucky Hinting bukan hanya seorang dokter yang dikenal sebagai ahli bayi tabung, tapi juga dikenal sebagai pelukis, perupa, dan pandai bermusik.

dr Aucky Hinting telah membuat puluhan lukisan bernuansa ekpresionisme, seni instalasi dan patung perunggu. Menjadi seorang seniman, menurut Aucky adalah sebuah pencerahan hidup.

“saya suka barang barang yang ada di bawah mikroskop, berwarna biru merah, ketika saya menangkap gambaran itu, saya melukis apa yang ditangkap oleh mata saya, ketika melihat embrio, menindahkan embrio, melihat gerak sperma. Semuanya saya tuangkan dalam lukisan, saya merasa bahwa itu adalah sebuah curahan dan pelepasan yang begitu deras dan melegakan,” ujar Aucky, Sabtu (10/4/2021).

Aucky mulai melukis pada tahun 2007 yang saat itu ia dalam perjalanan ke Amerika. Di dalam pesawat ia mulai melukis sketsa dari ingatannya saat melihat dibawah mikroskop.

“Setelah dari sketsa itu saya seakan mendadak bisa melukis dan kemudian saya bisa melukis, dan tidak bisa berhenti, tidak merasa bosan,” cerita pria kelahiran Surabaya 7 Agustus 1953 ini.

Dr Aucky pun telah melakukan pameran tunggal maupun bersama dengan jumlah lebih dari 10 pameran. Karya karya dan perjalanan dr Aucky sebagai seniman pun telah dibukukan dalam buku Art Above the ART yang merupakan buku karya ke tiga.

Menyeimbangkan kebutuhan pemenuhan jiwa seni dan kesibukan profesinya sebagai dokter, dr Aucky kemudian mendirikan Ferina, yakni rumah sakit yang mengembangkan virtual fertility atau bayi tabung. Ferina pun kemudian resmi berdiri pada tahun 2016.

“Menjadi seorang pelukis kemudian saya senang, rasanya melukis itu sesuatu yang luar biasa bagi saya, tapi saya juga perlu tetap menjadi dokter, maka saya buat Ferina, dimana saya bisa bekerja untuk keduanya,” tukas Aucky.

Seniman yang juga seorang pelukis Surabaya, Agus Sukamto melihat bahwa apa yang dilakukan oleh dr Aucky adalah sesuatu yang baru dan inovatif.

“Apa yang dilakukan dr Aucky adalah sesuatu yang baru dalam seni rupa, sesuatu yang ingin di lepaskan dari dalam hatinya. Itu bukan sekeder ekspresi, pemindahan perasaan, transfer of feeling. Satu pengetahuan baru dari pengetahuan ke seni,” pungkas Agus. [kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar