Pendidikan & Kesehatan

ASDP Ketapang Diminta Cek Informasi Ada Penumpang Tak Lalui Disinfektan

Jakarta (beritajatim.com) – PT. ASDP Ketapang menyebut akan melakukan disinfektan dan pengecekan suhu tubuh kepada setiap penumpang kapal dari arah Gilimanuk menuju Ketapang ataupun arah sebaliknya. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona.

Menurut Anggota Komisi VI DPR RI Sonny T. Danaparamita, pihak ASDP juga menyebut pengecekan tersebut akan dilakukan selama 24 jam. Khususnya dalam momentum menjelang hari raya Nyepi dengan cara mewajibkan setiap penumpang melewati sebuah tenda besar yang dipergunakan melakukan proses penyemprotan desinfektan dimaksud.

“Namun hari ini, Selasa tanggal 24 Maret 2020 pukul 01.30 WIB, saya baru mendapatkan informasi dari warga Banyuwangi yang baru saja pulang dari Bali bahwa yang bersangkutan tidak menjalani proses penyemprotan desinfektan sebagaimana yang sudah direncanakan oleh PT. ASDP,” ujar Sonny, Selasa (24/3/2020).

Politikus PDI Perjuangan itu menambahkan, penumpang kapal yang menggunakan pelabuhan LCM ini menyampaikan bahwa sebelum naik kapal (di Gilimanuk) maupun saat turun kapal (di Ketapang) yang bersangkutan tidak menerima arahan/kewajiban melakukan proses penyemprotan desinfektan atau hal-hal lain yang terkait dengan pencegahan penyebaran virus Corona.

“Sehubungan dengan informasi itu, saya meminta kepada GM PT. ASDP Ketapang untuk memastikan kebenaran informasi tersebut,” kata Anggota DPR RI dari Dapil Jatim III yang meliputi Kab. Banyuwangi, Kab. Bondowoso, dan Kab. Situbondo ini.

Jika ternyata benar, lanjut Sonny, maka pihak PT. ASDP Ketapang berdasar manifest penyeberangan agar melakukan pengecekan kepada para penumpang. “Hal ini demi kebaikan bersama,” kata Sonny. [hen/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar