Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

UK Petra Surabaya Gelar IRGL 2022

Asah Matematika dan Logika Pelajar SMA se-Indonesia

Surabaya (beritajatim.com) – Informatics Department & Business Information System Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya kembali menggelar event tahunan Informatics Rally Games and Logic (IRGL) di tahun 2022.

IRGL merupakan kegiatan tahunan sejak 19 tahun yang lalu. Pada babak final sendiri, yang digelar beberapa waktu lalu, kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi SMA se-Indonesia.

“Rangkaian acara IRGL dikemas dalam bentuk gim seputar matematika dan logika sederhana. Sengaja kami buat menarik untuk mengukur kemampuan logika, critical thinking, dan teamwork siswa-siswi SMA se-Indonesia dengan cara yang menyenangkan,” ungkap Dosen Penanggung Jawab IRGL Alexander Setiawan, Kamis (25/8/2022).


Adapun peserta yang mendaftar ada sebanyak 41 tim, terdiri dari dua atau tiga orang dalam satu tim, siswa SMA dari seluruh Indonesia.

Para finalis mengikuti game di IRGL 2022

Mulanya, saat pre-eliminasi seluruh peserta diajak bermain mini games yang berupa soal matematika dan logika melalui website IRGL. Kemudian, terkumpullah 35 tim yang lolos untuk lanjut ke babak selanjutnya.

Saat babak semifinal, terkumpullah 24 tim yang harus mempertahankan diri dalam gim battle ground yang dilakukan secara daring. Setiap tim akan bermain game bertemakan battle royale yang dikemas menggunakan sistem multiplayer.

Para finalis mengikuti game di IRGL 2022

Sementara itu, pada babak final para peserta diminta memainkan 6 permainan berbentuk pos yang tersebar di seluruh Gedung P Kampus UK Petra lantai 2 dan 3. Setiap kemenangan dalam game kecil tersebut akan diberikan poin yang bisa dipakai membeli item-item yang dapat membantu mereka memenangkan game utama dari final IRGL 2022.

Setelah mereka memainkan semua game kecil, peserta dapat bermain game utama dengan konsep melempar dadu untuk mencapai kotak finish. Setiap tim dapat menggunakan item-item yang telah dibeli untuk memperbesar kemungkinan mereka bergerak atau menghalangi pergerakan lawan.

“Rally gamesnya sangat beragam, total permainan dalam babak final mencapai 180 menit (3 jam). Juara 1 didapat dari peserta yang pertama kali mencapai kotak paling tengah atau kotak finish dengan waktu tercepat,” ungkap Ketua IRGL Goldy Pongkaraeng Pasulu.

Setelah melalui berbagai rintangan, lanjut dia, akhirnya terpilihlah tim SMA Kristen Petra 1, Surabaya (Jevon Ivander, Richard Vincent dan Trevis Artagrantdy) sebagai juara 1 yang berhasil menyelesaikan berbagai rintangan dalam IRGL 2022 dengan waktu 2 jam 47 menit dan berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp 5 juta. [ipl/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar