Pendidikan & Kesehatan

Arumi Bachsin Kawal Langsung Rapid Test 1.500 Anggota PKK Kota Malang

Ketua TP PKK Jawa Timur, Arumi Bachsin kawal langsung proses rapid test massal di Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Tim Penggerak (TP) PKK Jawa Timur menggelar rapid test massal di Kota Malang. Sebanyak 1.500 anggota PKK di Kota Malang mendapat kesempatan untuk menjalani deteksi virus ini, di Gedung Kartini, Kota Malang, Rabu, (22/7/2020).

Ketua TP PKK Jawa Timur, Arumi Bachsin mengawal langsung kegiatan ini. Rapid test tersebut menyasar seluruh anggota TP PKK dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan, RT dan RW, organisasi perempuan, hingga masyarakat umum. Arumi menyebut, rapid test untuk membantu pemetaan kasus Covid-19 di Kota Malang. “Harapan kami, upaya ini mampu memetakan sudah sejauh mana Covid-19 di Jawa Timur dan khususnya di Kota Malang,” ujar Arumi.

Arumi mengatakan, anggota PKK hingga tingkat paling bawah harus aktif memberikan edukasi terhadap warga di masa pandemi Covid-19 ini. Edukasi penting dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Ini bisa menularkan semangat khususnya ibu-ibu PKK di kota sampai tingkat kelurahan RT, RW. Karena tim PKK tugasnya bertambah saat masa pandemi ini. Ibu-ibu juga bisa ikut mengontrol warga di sekitar mereka dalam memberikan suport sistem itu,” kata Arumi.

Sementara itu, Walikota Malang, Sutiaji mengapresiasi antusias 1.500 anggota PKK yang bersedia menjalani rapid test massal ini. Dia menilai rapid test ini bisa digunakan untuk mengetahui sejauh mana imunitas diri dalam tubuh itu bisa berjalan dengan baik atau ada kekurangan.

“Dengan hal itu bisa diketahui sejauh mana imun dalam tubuh itu bereaksi. Artinya pentahelix bersamaan dengan tim PKK juga sudah berjalan. Ini satu upaya kita dalam pencegahan Covid-19. Dalam hal ini peran serta masyarakat sebagai garda terdepan diperlukan. Benteng terakhirnya para nakes (tenaga kesehatan),” tandas Sutiaji. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar