Pendidikan & Kesehatan

Cegah Penyebaran Covid-19

APPBI Pangkas Jam Operasional Mal di Malang

WHO memperingatkan penyebaran virus corona menyimpan potensi wabah yang jauh lebih besar. [Foto: Getty Images/BBC]

Malang (beritajatim.com) – Sebagai langkah mencegah penyebaran virus corona Covid-19 Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Malang segera memberlakukan aturan pemangkasan jam operasional mal. Jam operasional biasanya pukul 10.00-22.00 WIB berganti menjadi pukul 11.00 WIB sampai 20.00 WIB.

“Ini merupakan langkah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Masih wacana, terkait kapan akan diberlakukan, masih menunggu situasi,” kata Ketua APPBI Malang, Suwanto, Selasa (17/3/2020).

Suwanto mengungkapkan, sebagai langkah hidup bersih dan sehat untuk menangkal Covid-19. Dia mengimbau, pengelola mal untuk menyediakan hand sanitizer di lokasi yang biasa dijangkau pengunjung mal seperti tombol lift, hand rail hingga kamar mandi. Hingga menyemprotkan desinfektan di area mal.

“Saat ini yang sudah melakukan adalah Plaza Batu, Sarinah dan Malang Town Square (Matos). Sedangkan yang lainnya akan menyusul. Untuk even yang sifatnya ramai, saat ini sudah kami tunda sampai beberapa waktu kedepan,” ujar Suwanto.

Sementara itu, Direktur Matos Fifi Trisjanti, pihaknya telah menyediakan alat ukur suhu tubuh atau thermal scanner sejak 11 Maret yang lalu di tiap pintu masuk. Selain itu, sebagai langkah antisipasi pihaknya menyediakan hand sanitizer gratis bagi para pengunjung di tiap tenant, lift dan eskalator sejak 6 Maret 2020.

“Tidak hanya corona, tapi virus lainnya juga harus diwaspadai. Masyarakat tidak perlu panik berlebihan. Yang penting jaga kesehatan, hand sanitizer sudah kami sediakan. Bagi pengunjung yang suhu tubuhnya lebih dari 37,5 derajat celcius tidak diperkenankan untuk memasuki mal. Dan dirasankan untuk ke rumah sakit,” tandasnya. [luc/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar