Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Aplikasi SITERNAK Buatan Tim KKN ITS Bantu Efisiensi Peternak

Surabaya (beritajatim.com) – Aplikasi SITERNAK yang dikembangkan oleh Tim Kuliah Kerja Nyata Pengabdian kepada Masyarakat (KKN Abmas) dari Departemen Teknik Informatika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ditujukan untuk membantu pencatatan dan pengawasan hewan ternak dengan lebih baik.

Angelita Titiandes Br Silalahi, Ketua KKN Abmas ini menuturkan bahwa pengembangan aplikasi tersebut berangkat dari permintaan para peternak di Desa Binaan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Azhar. Perbaikan tampilan sistem yang dirasa kurang tepat untuk proses bisnis dan kondisi peternak menjadi fokus utama. “Jadi kita memperbaiki dan mengembangkan aplikasi SITERNAK ini yang sudah ada sejak tahun 2020 lalu,” jelasnya.

Angel, sapaan akrab gadis ini, memaparkan bahwa yang dilakukan tim KKN Abmas ITS yang dipimpinnya meliputi beberapa kegiatan. Mulai dari mempersiapkan aplikasi untuk pencatatan data ternak, menyediakan panduan pengoperasian aplikasi bergerak SITERNAK, hingga melakukan pengawasan serta evaluasi pemahaman mitra dan peternak setelah adanya panduan.

Pencatatan data ternak berbasis gawai dikembangkan pada aplikasi ini untuk semakin mempermudah para peternak. Agar dapat melakukan pengawasan kesehatan, pembibitan, dan penggemukan hewan ternak secara mandiri hanya melalui ponsel pintar. “Pengembangan SITERNAK ini memang tujuannya untuk mempermudah peternak mengawasi seluruh hewan ternaknya dengan baik,” ujarnya. [adg/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar