Pendidikan & Kesehatan

APBN Biayai 111 Ribu Warga Jember Ikut JKN Bulan Ini

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah pusat akan membiayai 111 ribu orang warga Kabupaten Jember, Jawa Timur, untuk ikut serta dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

Hal ini dikemukakan Kepala BPJS Kesehatan Jember Tanya Rahayu, Kamis (21/9/2019). “Per 1 Februari 2019, kami menerima tambahan dari APBN untuk penduduk Jember,” katanya. Jumlah ini terbesar di Jawa Timur pada bulan ini.

Sebelumnya, ada 995 ribu warga Jember yang dibiayai APBN untuk menjadi peserta JKN. “Kementerian Sosial sekarang hampir setiap bulan (memutuskan) ada tambahan. Kalau dulu enam bulan sekali,” kata Tanya.

Secara umum, kepesertaan JKN adalah 64 persen dari total penduduk, yakni 1.676.559 orang dari 2.610.632 orang penduduk Jember. “Ini terdiri dari berbagai macam segmen mulai dari PNS, TNI Polri, KIS APBN (Kartu Indonesia Sehat), peserta mandiri, PBID (Penerima Bantuan Iuran Daerah), dan peserta bukan pekerja atau non PNS atau pensiunan,” kata Tanya.

BPJS Kesehatan punya tugas untuk memastikan warga yang tidak pernah menggunakan kartu karena meninggal dunia. “Ini kami gunakan untuk mengurangi (peserta lama) dan menambah peserta baru,” kata Tanya.

BPJS Kesehatan akan melakukan rekonsoliasi data dengan BPJS Tenaga Kerja. “Kami bersinergi, termasuk dengan Jasa Raharja, Taspen, dan Asabri,” kata Tanya. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar