Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

APBD 2022, Pemkab Jember Anggarkan Bantuan untuk Pesantren

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur akan mengalokasikan dana bantuan untuk pondok pesantren dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022.

Hal ini dikemukakan Bupati Hendy Siswanto, usai upacara memperingati Hari Santri Nasional, Jumat (22/10/2021). “Para santri seluruh Indonesia mendapat kado istimewa dari Bapak Presiden dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021. Kita bisa memakai anggaran dalam APBD untuk membantu pesantren-pesantren di Kabupaten Jember,” katanya.

Pemkab Jember akan membantu sesuai kebutuhan masing-masing pesantren. “Mungkin dari sisi prasarana, kita perbaiki nanti. Bisa koperasi. Yang jelas kita punya seribu lebih pesantren kecil sampai besar di Jember. Tentunya dengan keterbatasan anggaran, kita bertahap (memberikan bantuan). Yang jelas aturannya sudah ada. Pijakannya sudah ada,” kata Hendy.

Pemberian bantuan akan dilakukan mulai 2022 secara bertahap. “Setiap pesantren akan digilir. Kita juga akan memberdayakan santri, bagaimana santri nanti kita ajak pelatihan di Balai Latihan Kerja. Harapan kami nanti para santri setelah keluar dari pesantren, tugas utama mereka adalah menyebarkan ilmu agama yang dimiliki. Mereka juga butuh menghidupi keluarga,” kata Hendy.

Santri memiliki potensi yang sama dengan kelompok masyarakat lainnya. “Keilmuan yang diperoleh di pesantren bisa disebarkan kepada masyarakat di luar pesantren. Pemerintah membantu bagaimana santri sekeluar dari pesantren bisa bekerja seperti yang lain,” kata Hendy. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar