Pendidikan & Kesehatan

Antusiasme Donor Plasma di Jember Terkendala Penapisan

Jember (beritajatim.com) – Antusiasme warga penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasma darah di Kabupaten Jember, Jawa Timur cukup tinggi. Namun sebagian besar terkendala pada fase penapisan (screening).

“Screening ada dua tahap, yakni wawancara (untuk mengetahui) apakah memenuhi syarat. Setelah memenuhi syarat, ada screening pemeriksaan kadar titer antibodi. Itu yang membatalkan mereka, karena antibodi terlalu rendah,” kata Direktur Rumah Sakit dr. Soebandi Hendro Solistijono, Selasa (19/1/2021).

Menurut Hendro, ada batasan titer antibodi yang bisa diambil plasmanya. “Sehingga dengan demikian bisa membantu orang. Itu kendalanya. Kami screening (sehari) bisa sampai 12 orang, tapi yang memenuhi syarat hanya dua orang,” katanya.

Total, dr. RSD Soebandi sudah menghasilkan 25 kantong plasma konvalesen darah. “Kebanyakan Jember yang pakai. Tapi ada beberapa daerah Surabaya, Malang, dan Blitar ambil dari kami,” kata Hendro.

Permintaan plasma konvalesen memang tinggu. Palang Merah Indonesia Jember melaporkan, sejak 7-11 Januari 2021 saja, dari 11 kantong plasma, 10 kantong sudah didistribusikan kepada pasien Covid-19 yang membutuhkan.

PMI Jember bekerjasama dengan RSD dr. Soebandi. “Kami berkoordinasi dengan pihak RSD dr Soebandi untuk bisa memenuhi plasma konvalesen di daerah jejaring PMI Jember. Kerjasama ini berkaitan dengan SDM dan peralatan produksi plasma konvalesen,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember Zaenal Marzuki.

Surat izin dari PMI pusat untuk memproduksi plasma darah sudah terbit 5 Januari 2021 lalu. “Sebenarnya, yang diperbolehkan produksi plasma darah itu Unit Donor Darah PMI yang sudah CPOB (Cara Pembuatan Obat Baik). PMI Jember diberi izin karena dinilai mampu menjaga kualitas plasma darahnya,” katanya, sebagaimana dilansir Humas PMI Jember, Jumat (8/1/2021).

Terapi plasma konvalesen kini banyak dilakukan rumah sakit rujukan pasien terknfirmasi Covid-19, Terapi plasma konvalesen dinilai sebagai salah satu cara ampuh untuk menyembuhkan Covid-19. Plasma konvalesen berasal dari plasma sel darah mantan penderita Covid-19 yang sudah sembuh (penyintas). [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar