Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi Virus Corona dari China, Ini Langkah Dinkes Jatim

Kadinkes Jatim, Herlin Ferliana

Surabaya (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jatim mangaku telah berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Jatim dengan memasang thermal detector atau alat pendeteksi suhu tubuh. Langkah ini dilakukan untuk mencegah masuknya virus Corona ke Jatim.

Kadinkes Jatim, Herlin Ferliana kepada wartasan, Kamis (23/1/2020) mengatakan, pihaknya selain berkoordinasi dengan KKP, Dinkes Jatim juga sudah menginformasikan ke seluruh rumah sakit di Jawa Timur agar siaga terhadap virus Corona ini.

“Jika tidak terdeteksi di KKP dan akhirnya masuk ke Jatim, kami minta rumah sakit agar lebih berhati-hati dan melakukan tes laboratorium lebih ketat lagi. Kami sudah berkoordinasi dengan semua jenis KKP, di mana masuknya orang-orang baik lewat udara, perairan, maupun darat akan diperketat terutama yang dari China,” katanya.

Selain penumpang, menurut dia, alat pendeteksi suhu tubuh tersebut juga akan diberlakukan untuk hewan-hewan yang masuk ke Jatim terutama dari China.

Dinkes Jatim juga sudah menyurati Dinkes kabupaten/kota untuk waspada terhadap virus Corona yang merupakan pneumonia jenis baru ini. “Jadi, masyarakat tidak perlu gelisah karena kami sudah mengantisipasinya dengan mencegah di pelabuhan dan bandara,” tuturnya.

Jika ada kerabat dari luar negeri terutama China dan mengalami gejala terjangkit virus Corona, Herlin mengimbau agar segera dibawa ke rumah sakit supaya cepat bisa ditangani.

“Gejalanya sama seperti dengan infeksi paru-paru, tapi ini agak ganas dan penderita akan mengalami panas tinggi hingga sesak nafas, nyeri badan semua,” pungkasnya. (tok/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar