Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi Persebaran Covid-19, Dindik Ponorogo Tunda Libur Semester Satu

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo Soeran(foto/Dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo memundurkan libur semester satu pada kalender pendidikan tahun ini. Libur yang rencananya mulai tanggal 24-31 Desember 2021 atau bersamaan dengan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) diganti menjadi tanggal 3-8 Januari 2022.

“Jadi untuk semester satu ini bukan tidak ada liburnya, tetapi pelaksanaannya yang diundur,” kata Kepala bidang (Kabid) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo, Soeran, Senin (6/12/2021).

Pemunduran libur semester satu oleh Dindik Ponorogo itu bukan tanpa alasan. Soeran mengaku pihaknya memutuskan hal tersebut berdasarkan kebijakan dari pemerintah pusat. Yakni Inmendagri (Instruksi Menteri Dalam Negeri) terkait pencegahan Covid-19 di libur Nataru dan Surat Edaran Mendikbud nomor 29 tahun 2021 tentang pelarangan sekolah atau lembaga pendidikan meliburkan di Nataru. “Pengumuman ini sudah kita sebarkan ke sekolah-sekolah,” katanya.

Selain pelarangan sekolah atau lembaga pendidikan meliburkan di Nataru, Surat Edaran Mendikbud itu juga mengenai pembagian rapor semester satu ini. Sesuai ketentuan di surat edaran, rapor dilarang disampaikan di bulan Desember. Rapor harus disampaikan di Januari 2022.

“Awalnya pembagian rapor tanggal 22 Desember nanti, namun karena ada surat edaran tersebut, rapor akan dibagikan tahun depan,” ungkap Soeran.

Maka dari itu, tanggal 23-31 Desember itu, sekolah atau lembaga pendidikan tetap memasukkan siswanya. Sehingga di kalender pendidikan hari-hari tersebut sudah masuk dalam semester dua. Peniadaan libur nataru ini, dilakukan karena Indonesia masih pandemi Covid-19.

Dikhawatirkan kebiasaan masyarakat Indonesia, mobilitas yang tinggi saat nataru, dapat memicu persebaran Covid-19 secara masif. Apalagi saat ini dikancah internasional sedang hangat-hangatnya persebaran Covid-19 varian baru Omicron.

“Jadi minggu terakhir Desember nanti, siswa-siswi tetap masuk melakukan pembelajaran tatap muka. Penundaan libur semester satu yang bertepatan dengan nataru ini semata-mata untuk mencegah penularan virus Covid-19,” pungkasnya. [end/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati