Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi Penularan Covid-19, Tes Genose Acak Dilakukan di Terminal Seloaji Ponorogo

Salah satu penumpang yang melakukan tes Genose di terminal Seloaji. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Calon penumpang maupun penumpang yang turun di terminal tipe A Seloaji Ponorogo berkesempatan untuk melakukan tes Genose Covid-19. Pasalnya, terminal Seloaji ini menjadi salah satu terminal di Jawa Timur yang menerima alat tes Covid-19 Genose dari Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan. Dengan alat tersebut, petugas bisa melakukan antisipasi penularan Covid-19 di dalam terminal.

“Dari Dirjen Perhubungan Darat, kami dianggap layak mendapatkan alat tes Covid-19 Genose ini, sebab terminal Seloaji merupakan terminal pemberangkatan awal sekaligus pemberhentian akhir,” kata Kepala Terminal Tipe A Seloaji Ponorogo Eko Hadi Prasetyo, Selasa (13/4/2021).

Penggunaan tes Genose di terminal Seloaji, kata Eko belum diwajibkan. Per hari pihaknya melakukan tes sampling sebanyak 10 orang. Sebab tes Genose ini tidak dipungut biaya alias gratis. Diprioritaskan kepada calon penumpang maupun penungkap bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). “Intruksi dari Pusat memang digratiskan, semua sudah ditanggung Kementerian Perhubungan, tanpa dibebankan ke penumpang biayanya,” katanya.

Jika nanti orang yang dites, hasilnya positif, maka orang tersebut sementara dilakukan isolasi di ruang isolasi darurat yang disiapkan di dalam terminal Seloaji. Setelah istirahat selama 15 hari di ruang isolasi, yang bersangkutan dilakukan tes Genose lagi, jika hasilnya tetap positif, pihak petugas terminal baru akan menghubungi satgas Covid-19 setempat.

“Dari Dirjen, kami diberi jatah 30 kantong plastik untuk pengujian. Tes acak Genose ini sebagai upaya untuk memutus penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (end/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar