Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi Pasien Terus Bertambah, Satgas Covid-19 Magetan Siapkan Fasus Baru

Virus Corona Covid-19

Magetan (beritajatim.com) – Untuk antisipasi Rumah sakit rujukan dokter Sayidiman (RSDS) dan fasilitas khusus (fasus) penuh, Satgas Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 siapkan fasus baru di eks Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Di Desa Gebyok Kecamatan Karangrejo, Magetan.

“Fasus ini disiapkan untuk menampung pasien OTG, apabila RS rujukan dan fasus yang ada tidak muat lagi menampung jumlah pasien yang terus bertambah, kapasitas fasus ini nantinya dapat menampung 60 pasien,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan, dr. Hari Widodo, Selasa (12/1/2020).

Lebih lanjut Ia mengatakan, saat ini satu orang positif tidak dapat dirawat pada rumah sakit rujukan karena penuh. Total ada sebanyak 94 pasien di rumah sakit dan fasus. ”Terpaksa satu orang tersebut kami rawat di puskesmas Tebon, sambil menunggu kamar kosong untuknya,” ujarnya.

Kluster keluarga paling mendominasi saat ini, sudah sulit dipantau dari mana sumber penularan utama, tercatat paling banyak pada wilayah kota Magetan. ”Sulit mengetahui klusternya saat ini, cluster keluarga yang mendominasi. Terbanyak pada wilayah kota Magetan,” imbuhnya.

Satgas berharap kasus Covid-19 di Magetan bisa menurun. “Semoga fasus cadangan di eks SDN 2 gebyok tidak sampai digunakan. Namun bila sebaliknya fasus cadangan ini telah siap, semoga itu tidak terjadi,” imbuhnya.

Berdasarkan update data Diskominfo Kabupaten Magetan per hari ini maka terdapat 1150 orang konfirmasi, 945 orang sembuh, 53 orang meninggal, 152 orang dalam pemantauan.(asg/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar