Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi Lonjakan Covid 19 Saat Idul Adha, Ini yang Dilakukan Polda Jatim

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko

Surabaya (beritajatim.com) – Polda Jatim melakukan langkah antisipasi lonjakan Covid-19 saat hari raya Idul Adha yang jatuh pada 31 Juli 2020 nanti. Salah satunya adalah dengan terus menghimbau agar masyarakat mentaati protokol kesehatan saat hari raya kurban nanti.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menyatakan dalam beribadah nanti masyarakat tetap harus mentaati berbagai hal. Misalnya mengurangi kapasitas tempat ibadah, melakukan sterilisasi tempat ibadah, menjaga jarak hingga menggunakan masker.

“Dimulainya dari persiapan sampai dengan pasca kurban diantaranya menyiapkan strerilisasi tempat ibadah sampai dengan protokol pembatasan kapasitas, serta pendisiplinan penggunaan alat pelindung diri,” ujar Truno, Selasa (28/8/2020).


Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko

Tak hanya itu, Truno menyebut baiknya saat melakukan ibadah, masyarakat bisa membawa alat salat sendiri dari rumah. Truno juga berpesan, masyarakat bisa berwudhu di rumah agar tidak terjadi antrean atau kerumunan di tempat ibadah.

“Tidak luput juga dengan menyiapkan tempat cuci tangan dan juga agar berwudhu dari tempat tinggal masing masing serta membawa alat salat dari rumah,” imbuh Truno.

Sedangkan untuk teknis pemotongan hewan kurban, Truno menyebut para panitia harus mematuhi protokol pencegahan COVID-19. Selain itu, Truno mengimbau lebih baik pembagian dilakukan langsung ke rumah penerima, sehingga tidak mengumpulkan massa.

“Mengenai pemotongan hewan kurban juga sama patuhi protokol kesehatan dan kemudian pembagian harapannya diantarkan ke sasaran masyarakat penerima daging kurban ke rumah masing masing. Sehingga tidak ada antrian atau kerumunan saat pelaksanaannya nanti,” papar Truno.

“Harapannya masyarakat dapat dengan khidmat melaksanakan ibadah, tetap produktif namun kesehatan terjaga, jangan sampai ada kluster baru,” harapnya. [uci/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar