Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Ini Langkah Pemkab Magetan

Bupati Magetan Suprawoto bersama Forkopimda saat meninjau persiapan Faskus Covid-19 di Secata Magetan

Magetan (beritajatim.com) – Bupati Magetan Suprawoto menyiapkan tiga faskus (fasilitas khusus) baru untuk antisipasi meningkatnya kembali kasus positif covid-19. Selain itu, penambahan fasilitas tersebut juga karena terbatasnya sarana isolasi yang ada di rumah sakit.

Suprawoto mengatakan, pihaknya menyiapkan ruang isolasi alternatif di Sekolah Calon Tamtama, dekat dengan RSUD dr Sayidiman dan Gugus Tugas. “Lokasinya strategis, dekat dengan rumah sakit dan Gugus Tugas. Jadi, jika ada apa-apa penangananya lebih mudah,” kata Bupati Suprawoto saat meninjau faskus, Selasa (26/1/2021).

Faskus kedua, lanjut bupati, adalah Puskesmas Rejomulyo. Faskus ini dipilih karena jauh dari keramaian. Sehingga perawatan pasien bisa lebih fokus. “Sedangkan faskus ketiga di RSAU dr. Erfan. Di rumah sakit tersebut memilik alat PCR yang sekali running bisa 90,” ujar Suprawoto.

Sementara itu, epidemolog Dinkes Magetan Agus Yudi Pramono mengatakan, tingkat penularan Covid-19 di Magetan tertinggi pekan pertama Januari 2021, yakni di peringkat 26 Jawa Timur.

“Faktor utamanya adalah pada penularan di tingkat komunitas. Yakni didominasi oleh klaster perkantoran dan rumah tangga. Saat ini kapasitas testing masih terkendala, terutama ketersedian reagen dan SDM,” pungkas Agus. [asg/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar