Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi Ledakan Jumlah Pasien Covid, Pemkab Jember Sewa Hotel

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jember Abdul Muqiet Arief

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, tengah mengantisipasi ledakan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Salah satunya adalah dengan menyewa hotel.

“Ada tiga opsi. Hari ini sedang kami cek jumlah kamar, fasilitas, dan ruang terbukanya apakah sesuai untuk melakukan isolasi. Termasuk harga dan sebagainya,” kata Pelaksana Tugas Bupati Jember Abdul Muqiet Arief, Jumat (27/11/2020).

Muqiet juga minta agar semua kantor yang memiliki kasus terkonfirmasi positif segera menerapkan metode bekerja dari rumah. “Sambil menunggu hasil swab,” katanya.

Terbaru, tiga petugas pelacakan sebaran Covid-19 Dinas Kesehatan Jember dinyatakan terkonfirmasi positif. Mereka akhirnya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Kantor Dinkes pun tutup sementara dan semua pegawai melakukan kerja dari rumah.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Jember akan menjemput 56 orang warga terkonfirmasi positif yang melakukan isolasi mandiri di rumah, untuk dibawa ke Jember Sport Garden. Mereka akan diisolasi di sana. “Kebetulan di JSG ada 57 bed kosong. Jadi masih cukup,” kata Muqiet.

Berdasarkan data terakhir, untuk kategori konfirmasi, total ada 2.268 pasien terkonfirmasi positif di Jember. Sebanyak 1.668 orang sembuh dan 98 orang meninggal. Sementara untuk kategori suspek, sebanyak 20 orang dinyatakan suspek, 16 orang dinyatakan probable, 20 orang tengah diisolasi, dan 2.207 dinyatakan sembuh atau discarded.

Pasien discarded adalah pasien yang memiliki hasil pemeriksaan RT-PCR dua kali negatif selama dua hari berturut-turut dengan selang waktu 24 jam, atau seseorang yang berstatus kontak erat dan sudah menyelesaikan masa karantina selama 14 hari. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar