Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi Hepatitis Akut, Ini yang Dilakukan RSUD dr. Harjono Ponorogo

Humas RSUD dr. Harjono, Joko Handoko(foto/Dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Imbauan Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo untuk mewaspadai penyakit Hepatitis Kaut, langsung direspon cepat oleh rumah sakit yang ada di bumi reog. Salah satunya dilakukan RSUD dr Harjono. Rumah sakit ini melakukan langkah antisipatif terhadap penyakit yang juga disebut Hepatitis Misterius itu.

Meski belum ada kasus di Ponorogo, rumah sakit pelat merah tersebut sudah menyiapkan tim khusus serta ruangannya. “Merespon adanya Hepatitis Akut ini, kita sudah menyiapkan langkah antisipatif,” kata Humas RSUD dr. Harjono, Joko Handoko, Rabu (11/5/2022).

Untuk sumber daya manusia (SDM), menurut Joko ,rumah sakitnya sudah cukup memadai. Dokter spesialis anak jumlahnya ada 3 orang. Jumlah itu tentunya cukup. Mengingat kebanyakan penyakit hepatitis akut ini rentan menyerang anak-anak dibawah usia 5 tahun. “Anak-anak dibawah umur 5 tahun rentan terhadap penyakit ini. Maka dari itu kita akan maksimal 3 dokter spesialis anak yang ada,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Joko menyebut, penyakit hepatitis akut ini masih berbeda dengan Covid-19. Untuk ruangannya, hepatitis akut bisa jadi satu, tidak seperti di covid-19. Pun juga dengan perawatannya pasti berbeda. Untuk Covid-19, penularannya pun berbeda, yakni sangat cepat dan mereka yang berkontak langsung. “Hepatitis Akut ini jelas berbeda dengan covid-19. Penularan hepatitis lebih melalui oral ataupun melalui kotoran hewan,” katanya.

Joko meminta nasehat masyarakat untuk tidak panik dan tetap waspada. Masyarakat harus rajin cuci tangan, pakai alat makan sendiri, dikurangi makan ditempat umum dengan kebersihan yang tidak bisa dijamin. Menurutnya, penanganan hepatitis misterius sama dengan hepatitis biasa.

“Yakni badan terasa demam, mual, muntah, nyeri pada ulu hati, dan tampak kekuningan pada tubuh. kalau sudah terjangkit seperti, maka harus dilakukan pemeriksaan kesehatan,” pungkasnya. [end/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar