Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi Corona, Dinkes Jombang Pantau 45 Orang

Petugas RSUD Jombang menunjukkan ruang isolasi yang digunakan sebagai perawatan jika ada pasien terjangkit virus corona, Jumat (24/1/2020). [Foto/Yusuf Wibisono)

Jombang (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) memantau 45 orang sebagai langkah antisipasi wabah virus corona. Pemantauan 45 warga Jombang itu karena mereka usai melakukan perjalanan ke luar negeri. Yakni, melintasi kawasan yang terindikasi wabah virus tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Jombang drg Subandriyah menjelaskan, dari pemantauan tersebut, sebanyak 30 orang dinyatakan sehat, sedangkan 15 sisanya masih dalam pengawasan petugas. “Sebanyak 15 orang tersebut karena belum genap 14 hari usai melakukan perjalanan ke luar negeri,” ujar Subandriyah usai melakukan kordinasi terkait permasalah tersebut dengan forum pimpinan daerah, Jumat (6/3/2020).

Mantan Direktur RSUD Jombang ini menambahkan, pihaknya mendapatkan laporan dari KKP terkait adanya warga Jombang melakukan perjalanan ke luar negeri. Nah, setelah mereka kembali, pemantauan pun dilakukan. “Mereka melintas di Malaysia, Australia, Singapura, Thailand. Tapi tidak ada yang dari China,” katanya.

“Sekali lagi, saat ini kami masih memantau 15 orang. Mereka kita larang bepergian ke luar, semisal ke mal dan berinterksi dengan orang lain. Mereka kita minta lebih banyak di rumah. Pengawasan ini dengan melibatkan Puskesmas di masing-masing tempat,” sambungnya.

Subandriyah memastikan, hingga saat 45 orang tersebut tidak ada tanda-tanda terjangkit virus corona. Mereka tidak batuk dan suhu tubuhnya juga normal. “Ini hanya pemantauan. Mereka adalah WNI yang usai bepergian ke luar negeri,” pungkasnya. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar