Pendidikan & Kesehatan

Angka Kematian Pasien Covid-19 di Kota Malang Sebesar 8,5 Persen

Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Muarif.

Malang (beritajatim.com) – Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan angka kematian karena infeksi Covid-19 di Kota Malang masih berada di atas angka kematian di Indonesia sebesar 5 persen. Angka kematian di Kota Malang sebesar 8 hingga 8,5 persen. “Kami hitung itu angka kematian antara 8 hingga 8,5 persen. Jumlah ini di atas standar 5 persen,” ujar Husnul, Selasa, (7/7/2020).

Husnul mengungkapkan, perhitungan yang dia lakukan mengacu pada pola perhitungam standar Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Saat ini di Kota Malang total ada 278 pasien positif Covid-19, sebanyak 23 pasien dinyatakan  eninggal dunia sesuai data per Senin, 6 Juli 2020. “Perhitungannya, jadi angka jumlah pasien Covid-19 yang meninggal kami bagi dengan jumlah konfirm positif,” ucap Husnul.

Dari 278 pasien positif Covid-19 saat ini, 185 pasien masih menjalani perawatan, 70 pasien dinyatakan sembuh dan 23 pasien meninggal dunia. Dengan angka ini Kota Malang berstatus zona merah. Mayoritas pasien meninggal dunia merupakan pasien dengan komorbid atau dengan penyekait penyerta.

“Faktor penyebabnya adanya penyakit penyerta atau komorbid. Seperti diabetes mellitus (DM), hipertensi, stroke dan jantung. Untuk usia rata-rata di atas 55 tahun,” tandasnya. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar