Pendidikan & Kesehatan

Anggota DPR RI Komisi VII Dorong Adanya SMK Migas di Tuban

Tengah Ratna Juwita Sari anggota komisi VII DPR RI saat melakukan konferensi pers di Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai salah satu persiapan dalam menghadapi berdirinya Kilang Minyak Tuban yang ada di kawasan Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Anggota Komisi VII DPR RI menekankan supaya segera terdapat SMK Migas di Tuban Bumi Wali itu, Senin (6/1/2020).

Keberadaan SMK Migas itu dinilai penting lantaran untuk menyiapkan tenaga ahli dari warga Tuban asli yang bisa dipekerjakan di Kilang Tuban nantinya. Sehingga dengan adanya mega proyek Migas kilang Pertamina-Rosneft di Kabupaten Tuban bisa mensejahterakan warga sekitar.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Ratna Juwita Sari anggota komisi VII DPR RI saat melakukan resesnya di wilayah Kabupaten Tuban. Ia menyatakan telah melakukan komunikasi dengan pihak SKK Migas dan menyampaikan supaya segera dibuat SMK Migas di Tuban.

“Saya sudah pernah bertemu dengan SKK Migas dan kami mendorong berdirinya SMK Migas di Tuban. Jadi ketika perekrutan tenaga kerja lokal semakin banyak warga lokal yang bisa bekerja di kilang Tuban ini,” ungkap Ratna Juwita Sari, anggota komisi VII DPR RI saat berada di Tuban.

Ratna menjelaskan, jika SMK di Tuban maka diharapkan bisa meningkatkan SDM warga masyarakat Tuban pada keahlian atau skill dunia industri, khususnya Migas. Dan itu membuat warga sekitar perusahaan tidak hanya menjadi penonton dengan adanya kilang terbesar itu.

“Adanya kilang di Tuban ini harus bisa menyerap banyak tenaga kerja dari warga sekitar. Jika ada SMK Migas, warga Tuban juga bisa menjadi tenaga kerja saat kilang sudah beroperasi, tidak hanya disaat kontruksi saja,” tambah Ratna Juwita Sari yang berbeda di komisi yang memiliki nomenklatur di bidang ESDM dan Ristek.

Selain telah menyiapkan dorongan terkait SMK Migas kepada pihak SKK Migas anggota DPR RI itu juga menyampaikan permintaan SMK Migas itu kepada Menteri ESDM. Sehingga harapannya di Kabupaten Tuban ini terdapat SMK Migas seperti halnya yang berada di Cepu.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar Kilang Tuban yang berkelanjutan tidak hanya bisa dilakukan dengan CSR, namun bisa lebih kepada peningkatan SDM. Kami mengawal berdirinya SMK Migas di Tuban dengan harapan segera ada tindak lanjutnya,” pungkasnya.[mut/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar