Pendidikan & Kesehatan

Anggaran untuk Relawan Tim Pemakaman Covid-19 di Kabupaten Mojokerto Cair

Kepala Dinkes Kabupaten Mojokerto, dr Sujatmiko. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Anggaran untuk relawan Tim Pemakaman Jenazah Covid-19 di Kabupaten Mojokerto cair. Anggaran sebesar Rp24 juta dari Biaya Tak Terduga (BTT) tersebut untuk 30 kali pemakaman yang dilakukan garda depan pejuang kemanusiaan ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto, dr Sujadmiko mengatakan, anggaran untuk relawan sendiri di Dinkes tidak ada, namun yang ada itu adalah anggaran dari usulan BTT Gugus Tugas Percepatan Penangganan Covid-19 Kabupaten Mojokerto.

“Namun prosedurnya panjang, dari awal sudah dianggarkan tapi pencairan agak panjang karena menunggu aturan yang jelas. Jika aturan tidak jelas nanti kita yang salah. Ya (terkendala aturan) tapi sampai saat ini tidak ada kendala, ini tadi sudah cair. Rp24 juta,” ungkapnya, Rabu (26/8/2020).

Anggaran sebesar Rp24 juta tersebut dihitung untuk 30 kali pemakaman. Dengan rincian, dalam satu kali pemakaman ada delapan orang relawan yang terlibat dengan anggaran sebesar Rp100 ribu per relawan. Sehingga dalam sekali pemakaman sebesar Rp800 ribu.

“Awal Covid-19 sudah dianggarkan tapi tidak ada aturan itu sehingga kita tidak berani, kita menunggu Perbup. Namun setelah ada Perbup, bisa diusulkan dan hari ini cair diterima relawan. Tergantung dari relawan (jumlah relawan yang terlibat dalam pemakaman), kita serahkan,” ujarnya.

Jika dalam satu hari ada sampai lima kali pemakaman, lanjut mantan Direktur RSUD Prof Dr Soekandar ini, tidak mungkin bisa dilakukan relawan yang sama. Pihaknya memprediksi proses pemahaman akan dilakukan secara bergantian sehingga semua diserahkan ke ketuanya.

“Kita cairkan sesuai dengan kebutuhan, karena anggaran tidak di Dinkes. Anggaran ada di BTT, kita mengusulkan ke sana dari Gugus Tugas. Dari sisi manapun kita diusulkan dan dikembalikan,” ujarnya.

Relawan Tim Pemakaman Covid-19 merinci sejak empat bulan lalu hingga saat ini, total anggaran yang seharusnya dicairkan untuk relawan Tim Pemakaman Covid-19 adalah sekitar Rp 83 juta. Dengan rincian delapan relawan setiap pemakaman, Rp100 ribu setiap relawan.

“Anggaran disitu tercantum Rp24 juta dan sudah dicairkan hari ini. Rp83 juta, kita verifikasi ulang dan diusulkan kembali ke BTT,” pungkasnya. [tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar