Pendidikan & Kesehatan

Anggaran Dialihkan Tangani Covid-19, Pengadaan Seragam Sekolah Gratis di Gresik Batal

Gresik (beritajatim.com) – Memasuki tahun ajaran baru, siswa SD dan SMP di Kabupaten Gresik bakal gigit jari tidak memperoleh seragam gratis. Hal ini karena anggaran pengadaan seragam gratis yang sudah disiapkan, dialihkan untuk menangani Covid-19.

Padahal sebelum ada pandemi virus corona, pengadaan lelang seragam gratis di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) sudah ditentukan pemenangnya. Namun, terpaksa dibatalkan karena anggarannya dialihkan.

Kabid Managemen Pendidikan Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik Suwono membenarkan pembatalan paket lelang seragam gratis di tahun anggaran 2020 ini. “Lelangnya sudah selesai karena kami memasukan berkas sejak Januari 2020 lalu,” katanya, Senin (1/06/2020).

Semula seragam gratis itu akan dibagikan saat tahun ajaran baru dimulai. Pasalnya, tahun-tahun sebelumnya pembagian seragam gratis itu selalu molor. Di tahun ajaran 2020 ini pun Dispendik Gresik sudah memplot pembagian seragam itu. Untuk SMP ada pengurangan 500 biji karena ada SMP baru di Gresik.

Berdasarkan data Dispendik Gresik, pengadaan seragam gratis itu dianggarkan Rp 5,14 miliar. Rinciannya, 10.400 potong untuk siswa SDN di 389 sekolah. Yakni, kain putih merah dan pramuka. Serta 7.000 potong kain putih biru dan pramuka untuk 33 SMPN.

Sementara itu, pertengahan bulan ini pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) bakal dimulai. Nantinya bulan Juli para siswa baru mulai masuk sekolah. Meski ketentuan tetap belajar di rumah atau kembali ke sekolah masih dibahas.

Suwono menambahkan, untuk sementara ini para siswa harus membeli seragam secara mandiri. Tapi, apakah di tahun ajaran 2021 dianggarkan lagi apa tidak semua itu tergantung kondisi pandemi Covid-19.

“Tahun anggaran 2020 ini tidak ada seragam gratis. Nanti kalau tahun anggaran 2021 memungkinkan bisa dianggarkan. Baik untuk siswa yang masuk di 2020 maupun di 2021. Kemungkinan Januari nanti dibahas,” tandasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar