Pendidikan & Kesehatan

Anang Puji Kebijakan Unej, Minta Pemkab Jember Menirunya

Jember (beritajatim.com) – Kebijakan rektorat Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, memberikan insentif paket data internet kepada mahasiswa dipuji oleh artis Anang Hermansyah, Kamis (2/4/2020).

“Nah Unej ngerti banget, bahwa kebutuhan komunikasi dalam dunia pendidikan dalam era ini adalah keniscayaan, untuk menyelaraskan dengan permasalahan yang terjadi,” kata Anang kepada┬áberitajatim.com┬ávia WhatsApp.

Anang berharap langkah Unej ini ditiru Pemkab Jember, yakni memberikan insentif paket data internet kepada masyarakat selama masa pembatasan sosial berskala besar. “Sebentar lagi sudah Ramadan. Betapa sangat penting komunikasi. Tolong pemerintah pusat dan daerah, dalam situasi sekarang, jangan ada masalah dengan telekomunikasi,” katanya.

Saat warga diminta untuk tak mudik ke kampung halaman, maka komunikasi melalui perangkat ponsel dengan anggota keluarga lainnya menjadi penting. “Jadi implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018, pemerintah bukan hanya (menanggung) makan, tapi juga telekomunikasi tak boleh sampai down. Sudah dua itu: makanan dan komunikasi,” kata Anang.

“Pemerintah menyumbang itu (butuh dana) berapa sih? Paling Rp 1-2 miliar. Tapi masyarakatnya (bakal mengatakan) alhamdulillah. Yang kemarin uang buat beli pulsa, ayo dibuat beli makan. Walau dibelikan pulsa Rp 50 ribu atau Rp 100 ribu, kan bisa tahan satu bulan,” kata Anang.

Menurut Anang, itu hanya tinggal kreativitas pemerintah daerah. “Atau pengusaha dikumpulkan bupati, ayo urunan Rp 100 jutaan. Untuk apa? Tak tukokno pulsa rakyatku. Itu hal positif pertama untuk melihat reaksi publik,” katanya. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar