Pendidikan & Kesehatan

Aman, Rumah Sakit Rujukan BPJS di Banyuwangi Terakreditasi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Banyuwangi menyebutkan, 19 rumah sakit di tiga kabupaten yang menjadi wilayah rujukan telah terakreditasi. Rumah sakit itu terdiri dari 11 rumah sakit di Kabupaten Banyuwangi, 5 rumah sakit di Kabupaten Situbondo, dan 3 rumah sakit di Kabupaten Bondowoso.

“Alhamdulillah dari 19 rumah sakit di tiga wilayah itu semuanya telah terakreditasi. Terakhir di Banyuwangi itu yang keluar akreditasinya Rumah Sakit NU. Suratnya keluar pas malam tahun baru (31/12/2018) Jam 8.00 WIB malam. Jadi untuk wilayah BPJS Cabang Banyuwangi aman,” kata Kabid Penjamin Manfaat Rujukan (PMR) BPJS Cabang Banyuwangi, Dwi Trisnawati Zaenal, Rabu (16/1/2019).

Dwi menjelaskan, kewajiban akreditasi rumah sakit yang menerima layanan rujukan pasien BPJS, bukan aturan mendadak. Pasalnya, hal itu telah tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehakan (Kemenkes) nomor 71 tahun 2013 serta 99 tahun 2015.

“Kami BPJS Kesetahan Banyuwangi, selalu medorong rumah sakit yang ada diwilayah kami untuk mengajuan akreditasi,” jelas Dwi Trisnawati.

Sejauh ini, kata Dwi, BPJS Kesehatan Banyuwangi mencatat ada dua rumah sakit terakreditasi B. Di antaranya, RSUD Blambagan Banyuwangi, dan RSU Dr Koesnadi Bondowoso. Sedangkan sisanya terakreditasi sebagai rumah sakit type C.

“Untuk Klinik pratama atau faskes tingkat pertama sebagai rujukan masih ada dua tahun lagi untuk melakukan akreditasi. Jadi masih banyak klinik dan puskesmas yang belum terakreditasi,” pungkasnya. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar