Pendidikan & Kesehatan

HUT Ke-54 IAIN Madura

Alumni IAIN Madura Sambut Baik Proses Transformasi Menuju UIN

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, menyambut baik rencana dan upaya kampus yang membesarkan nama mereka untuk kembali beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Madura.

Hal tersebut disampaikan bersamaan dengan momentum Hari Jadi IAIN Madura yang hingga saat ini genap berusia 54 tahun, terhitung sejak 20 Juli 1966 hingga 20 Juli 2020. Di mana dalam rentang waktu tersebut, perguruan tinggi yang beralamat di Jl Raya Panglegur KM 4 Tlanakan, sudah berubah nama hingga tiga kali.

Perubahan nama tersebut berawal dari nama IAIN Sunan Ampel Surabaya Cabang Pamekasan, secara resmi berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, 21 Maret 1997 silam. Selanjutnya dari status sekolah tinggi kembali bertransformasi menjadi IAIN Madura pada 5 April 2018 lalu.

“IAIN Madura harus menjadi perguruan tinggi yang berkiprah dalam segala hal, sebagai alumni kami bangga karena kampus kami melahirkan generasi yang hebat, cerdas dan membanggakan bangsa, agama, serta membawa perubahan untuk kemajuan Pamekasan yang hebat sesuai harapan bersama,” kata Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e.

Hal senada juga disampaikan alumni lainnya yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rohman. Ia mengaku sangat bangga menjadi bagian dari dari IAIN Madura. “Kami sangat bersyukur sekali menjadi alumni dan bangga menjadi bagian dari IAIN Madura, karena menurut penilaian kami tidak sedikit para alumni menjadi orang yang berguna bagi masyarakat, nusa, bangsa dan agama,” ungkapan.

Sementara Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) IAIN Madura, Ismail berharap kampus yang sebelumnya terletak di Jl Brawijaya, Juncancang, Pamekasan, dapat merealisasikan visi misi secara profesional. “Kami bangga sekali sebagai alumni IAIN Madura, sebagai alumni sangat banyak yang kami dapatkan selama kuliah khususnya dalam bidang keilmuan,” kata Ismail.

“Dari itu kami sangat berharap agar IAIN Madura semakin jaya, sekaligus dapat merealisasikan visi religius dan kompetitif. Tentunya dan tidak kalah penting semoga IAIN Madura terus dipercaya dan (kembali berubah) menjadi UIN,” harap alumni yang saat ini menjabat sebagai legislator dari Partai Demokrat Pamekasan.

Harapan lainnya juga disampaikan alumni yang saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Riset Daerah (DRD) Pamekasan, Moh Wardi yang berharap agar almamater yang membesarkan namanya dapat terus meningkatkan kualitas di bidang akademik.

“Semoga sokidaritas internal di civitas akademika semakin meningkat, progres selanjutnya pemantapan menuju UIN merupakan gagasan yang luar biasa, serta percepatan guru besar bagi IAIN Madura memenuhi kualifikasi akademik. Selamat Hari Lahir Ke-54 IAIN Madura,” pungkasnya. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar