Pendidikan & Kesehatan

Alumni FK Unair Angkatan 2013 Beri Donasi Hand Sanitizer Portabel

Surabaya (beritajatim.com) – Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) ternyata tidak lupa akan perannya dan kebersamaan dengan sejawat.

Alumni angkatan 2013 FK Unair melalui dr. Alvin Saputra (Dokter RS Bhayangkara Watukosek Pasuruan) dan dr. Inggrid Asali (Dokter RS Ibnu Sina Gresik) mewakili angkatannya untuk mendonasikan 50 buah hand sanitizer portabel kepada RSUD Dr Soetomo dan RSUA.

“Kami sebagai alumni, kami berfikir apa yang bisa kami lakukan di situasi seperti ini, kami pikir inovasi ini dapat membantu sejawat kami yang bertugas di RS. Karena kami lulusan Unair dan RSUD Dr Soetomo maka kami fokuskan, memberi ke RSUD Dr Soetomo dan RSUA,” kata dr Inggrid, saat ditemui di FK Unair, Kamis (25/6/2020).

dr Inggrid pun mengatakan bahwa hand sanitizer ini merupakan inovasi yang berkerja sama dengan Perusahaan PVC di Surabaya. Inovasi berupa seperangkat hand sanitizer dari pipa paralon yang sistemnya diinjak agar tidak perlu menekan botol.

“Sehingga tinggal di injak saja, ini sangat membantu kami di rumah sakit, karena kami tidak perlu lagi menyentuh area area yang tidak perlu disentuh atau kontak dengan area infeksius,” ujarnya.

Dr Inggrid pun mengatakan bahwa nantinya ia dan angkatan akan berusaha memberikan donasi merata ke sebanyak mungkin rumah sakit di Indonesia.

Terkait hal ini, Dekan FK Unair Prof Soetojo Wirjopranoto pun turut bangga dan bersyukur atas peran yang diambil oleh alumni FK Unair. Ia pun mengatakan dengan hadirnya inovasi ini, diharapkan mampu mengurangi resiko transmisi penyakit dan virus Covid-19.

“Hand sanitizer model terbaru, biasanya ditekan pakai tangan, ini pakai kaki. Jadi kita tidak usah pegang ujungnya itu sudah keluar. Jadi ini bermanfaat sekali, karena salah satu pencegahan Covid-19 adalah cuci tangan. Dengan adanya ini kita bisa mencegah mengurangi penyebaran penyakit Covid-19,” pungkas Prof Soetojo. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar