Pendidikan & Kesehatan

Alhamdulillah! Jokowi Tandatangani Perpres UIN KH Achmad Shiddiq Jember

Babun Suharto potong tumpeng tasyakuran

Jember (beritajatim.com) – Institut Agama Islam Negeri Jember, Jawa Timur, resmi beralih status dan nama menjadi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS), sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2021.

IAIN Jember tak sendiri, karena ada juga IAIN Samarinda, Purwokerto, Tulungagung, Surakarta, dan Bengkulu. “Transformasi ini merupakan sesuatu yang monumental. Kami sebagai pimpinan menyampaikan rasa syukur, karena ini amanah luar bisa. Proses ini tidak mudah, melalui proses panjang,” kata Rektor UIN KHAS Jember Babun Suharto, Senin (31/5/2021).

Perubahan ini, menurut Babun, diharapkan menjadi motivasi untuk melakukan yang terbaik. “Kualitas menjadi garda terdepan. Dengan adanya UIN, saya yakin orang tua wali menaruh harapan luar biasa. Tentunya kami tak akan terjebak dengan transformasi. Program-program studi Islamic studies menjadi bagian terpenting untuk dipertahankan dalam UIN KHAS,” kata Babun.

Ada 28 program studi di UIN. “Ada 10 program di pascarsarjana. Kami akan melakukan persiapan untuk membuka program studi umum, misalkan yang jadi prioritas, program studi di Fakultas Kesehatan dan Psikologi. Psikologi Islam sudah. Terkait kesehatan masyarakat kita sudah persiapkan,” kata Babun.

“Kedua terkait sains teknologi. Dosen-dosennya sudah kami punyai. Program studi misalkan ada mata kuliah akuntansi matematika. Itu penting bagaimana menjadikan akuntansi dan matematika sebagai bagian dari sainst teknologi,” kata Babun. Teknologi informasi juga masuk dalam sains teknologi.

Selain itu akan ada fakultas teknik. “Kami nanti akan mencoba menempatkan fakultas-fakultas di luar Islamic studies di Lumajang. Di Lumajang ada 25 hektare. Kami akan berkomunikasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kami diberikan space 100 hektare untuk pengembangan kampus UIN. Terakhir fakultas teknik meliputi teknik lingkungan hidup, teknik kehutanan, teknik pertanian, dan sebagainya,” kata Babun. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar