Pendidikan & Kesehatan

Alat Rapid Tes di Sampang Terbatas

Foto: Ilustasi Virus Corona

Sampang (beritajatim.com) – Ketersediaan alat rapid tes untuk pendeteksian dini penyebaran wabah Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di wilayah Kabupaten Sampang, masih sangat minim.

Wakil Ketua I DPRD setempat, Amin Arif Tirtana menyampaikan, alat pendeteksi Covid-19 sangatlah penting apalagi yang berada di posco pencegahan.

“Minimnya ketersediaan alat pendeteksi covid ini, kami rasa dialami oleh Satgas Covid-19 kabupaten, termasuk tenaga medis yang ada di tingkat Puskesmas. Tentunya, kalau bisa minta ke Pemerintah Pusat maupun Provinsi untuk penambahan thermal tes dan rapid tes. Kalau perlu keberadaan tes lab PCR, itu sangat penting di setiap wilayah,” ujarnya, Kamis (9/4/2020).

Pentingnya ketersediaan alat thermal dan rapid tes harus segera diatasi mengingat saat ini begitu banyaknya warga keluar masuk ke wilayah Kabupaten Sampang.

“Memang itulah yang menjadi kesulitan tim garda depan ini. Kalau pemerintah mau serius ingin memutus mata rantai penyebaran virus ini, pemerintah pusat maupun provinsi harus memperbanyak alat-alat itu hingga ke tingkat kecamatan dan ke desa,” katanya.

Sementara Ketua Klaster Bidang Kesehatan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sampang, Asrul Sani saat dikonfirmasi ketersediaan alat medis rapid tes mengakui jika jumlahnya terbatas.

“Kalau rapid tes hanya ada 60 unit yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Ditanya apakah di posko-posko Covid di wilayahnya disediakan alat itu, Asrul Sani mengaku rapid tes hanya ditempatkan di RSUD Muhammad Zyn Sampang. Sedangkan di posko tidak disediakan.

“Ketersediaan rapid tes sebanyak 60 unit tersebut bukan masuk dalam bagian pengadaan dari APBD melainkan dari Provinsi,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, sebaran penanggulangan dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sampang berdasarkan laman resmi https://sampangkab.go.id/covid-19/, hingga per 7 April 2020, yaitu diketahui ODR 7545 orang, ODP 242 orang, PDP dan positif 0 orang. Sedangkan per 8 April, bertambah menjadi 7.964 ODR dan 253 ODP. [sar/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar