Pendidikan & Kesehatan

Akademisi Unej dan Unair Berkoalisi Kawal Covid-19 di Jember

Hermanto Rohman, akademisi dan pengamat kebijakan publik Universitas Jember

Jember (beritajatim.com) – Delapan akademisi Universitas Jember dan Universitad Airlangga berkoalisi membentuk forum Akademisi Peduli Jember untuk Kawal Covid, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (5/5/2020).

Ada enam akademisi Unej yang terlibat yakni Linda Dwi Eriyanti (Ketua Pusat Studi Gender), Hermanto Rohman (dosen Fisip), Adam Muhshi (dosen FH dan peneliti CHRM2), Al Khanif (Ketua Serikat Pengajar HAM Indonesia dan dosen FH), Irma Prasetyowati (dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat), dan Candra Bumi (dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat).

Sementara itu dua akademisi Unair Surabaya yang bergabung adalah Amira Paripurna (Ketua Pusat Studi Hukum HAM HRLS dan dosen FH) dan Herlambang P. Wiratraman (dosen dan peneliti Pusat Studi Hukum HAM HRLS).

Mereka adalah warga Jember yang ingin nengawal kebijakan penanganan Covid-19, terutama di Jember dan sekitarnya, dengan pendekatan multidisiplin kebijakan, administrasi, kesehatan, HAM, hukum dan sosial.

“Kami mengembangkan strategi partisipasi publik untuk mendorong dan memaksimalkan keterbukaan informasi, proses komunikatif, dan pertanggungjawaban pada publik,” kata Hermanto.

Selain itu, lanjut Hermanto, koalisi ini mengefektifkan upaya progresif perlindungan dan pemenuhan hak-hak publik. “Termasuk bagi mereka yang terkategori pasien terkonfirmasi, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP), Orang Tanpa Gejala (OTG) dan keluarganya,” katanya.

Menurut Hermanto, komitmen bersama ini dilakukan melalui sejumlah komunikasi dan pertemuan secara virtual. “Sehingga diharapkan ada perbaikan atas penanganan kebijakan yang ada dan dilakukan di Jember,” katanya. (wir/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar