Pendidikan & Kesehatan

Ajak Anak Gemar Makan Ikan Melalui Dongeng Edukatif

Ajakan gemar makan ikan melalui dongeng edukatif (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Ada beragam cara untuk mengajak anak-anak gemar makan ikan. Salah satu cara yang dipilih Dinas Perikanan Sumenep adalah melalui sajian dongeng edukatif.

“Sasaran gemar makan ikan ini anak-anak. Mangkanya kami harus pilih metode sosialisasi yang mengena ke anak-anak. Jadilah kami lakukan sosialisasi gemar makan ikan ini melalui dongeng bersama kak Avan dan Kia, bonekanya,” kata Plt Kepala Dinas Perikanan Sumenep, M. Jakfar, Selasa (08/06/2021).

Kegiatan pertama Sosialisasi Gemar Makan Ikan itu digelar di Kecamatan Manding, tepatnya di TK PGRI, Desa Manding Daya.l, diikuti murid TK tersebut dan Paud Al-Falah Raudlatun Nasyien. Anak-anak terlihat sangat antusias menyimak dongeng bersama Kak Avan dan Kia.

“Semakin awal kita mengenalkan manfaat makan ikan untuk generasi kita, akan semakin baik. Apalagi Sumenep memang termasuk daerah yang kaya dengan ikan,” ujar Jakfar.

Sementara Kak Avan bersama boneka Kia saat mendongeng menyampaikan pada anak-anak, bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Ikan mengandung omega-3, vitamin D, kalsium, yodium, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

“Dalam dongeng bersama Kia itu, saya sampaikan ke anak-anak, kalau makan ikan sangat baik untuk kesehatan mata dan perkembangan otak. Jadi anak-anak sebaiknya memang suka makan ikan,” tutur Avan.

Safari Gemarikan (gerakan memasyarakatkan makan ikan) tersebut rencananya akan dilakukan keliling ke beberapa kecamatan, tetap menggunakan protokol kesehatan. Anak-anak diwajibkan mengenakan masker, kemudian mencuci tangan sebelum masuk ruangan. Di dalam ruangan pun tempat duduk anak-anak diatur dengan jarak tertentu. “Kami juga mengajarkan pada anak-anak untuk patuh terhadap protokol kesehatan,” ucap Avan. (tem/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar