Pendidikan & Kesehatan

Ajak Anak-anak Ingat Pesan Ibu 3M Lewat Dongeng

Sumenep (beritajatim.com) – Ada beragam cara untuk mengajak anak-anak mematuhi protokol kesehatan. Tentu saja dengan cara yang mudah diakrabi anak-anak. Salah satunya dengan dongeng.

Cara itu yang dipilih Fathurrahman atau populer dengan sebutan Kak Avan. Di masa pandemi ini, pria yang sehari-hari berprofesi sebagai guru di SDN Batuputih Laok III, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep menyempatkan diri untuk mengajak anak-anak memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, sambil membacakan cerita.

“Anak-anak kan senang kalau dibacakan cerita. Biasanya saya lakukan sehabis Maghrib, ngumpul di musholla, saya bacakan cerita. Karena sekarang bulan Maulid, saya banyak membacakan kisah-kisah tauladan Nabi Muhammad SAW,” katanya, Minggu (08/11/2020).

Saat mendongeng, Avan tidak sendirian. Ia memilih menyampaikan pesan melalui media boneka kesayangannya yang bernama Kia. Boneka lucu ini ikut bercerita dengan gayanya yang menggemaskan. “Kia juga memberi contoh pada anak-anak dengan selalu memakai masker saat keluar rumah. Tentu saja supaya pesannya lebih mengena ke anak-anak. Makanya Kia yang menyampaikan,” ujarnya sambil tersenyum.

Menurutnya, sejauh ini metode mendongeng bersama Kia itu dinilai efektif untuk mengajak anak-anak mematuhi protokol kesehatan. “Anak-anak jadi ingat terus ajakan Kia untuk pakai masker,” ucapnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar