Pendidikan & Kesehatan

Ahli Waris Pasien Covid-19 Belum Terima Santunan dari Kemensos

Pasien Covid-19 di Ponorogo yang meninggal beberapa waktu yang lalu. (Foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur, jumlah pasien Covid-19 di Ponorogo yang meninggal ada 121 orang. Dari jumlah tersebut, semua ahli waris hingga saat ini belum menerima santunan senilai Rp 15 juta dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Kebijakan santunan berdasarkan Surat Edaran Kementerian Sosial RI Nomor 427/3.2/BS.01.02/06/2020, tentang Penanganan Perlindungan Sosial Bagi Korban Meninggal Dunia Akibat Covid-19.

“Yang kami usulkan 17 ahli waris pasien Covid-19 yang meninggal saja, santunannya belum terealisasi hingga sekarang,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Ponorogo, Supriyadi, Sabtu (6/2/2021).

Supriyadi menceritakan, pada bulan Agustus 2020 lalu, pihaknya mendapatkan SE dari Kemensos untuk mengusulkan santunan untuk orang-orang yang meninggal dunia karena Covid-19. Hal itu berdasarkan surat keterangan dari Dinas Kesehatan setempat. Kala itu Dinsos P3A mengusulkan 17 orang. Dengan semua persyaratan yang komplit. Sebulan kemudian atau bulan September 2020 pihaknya mengirimkan usulan itu ke Kemensos RI. Namun, hingga saat ini belum ada realisasi terkait santunan tersebut.

“Jadi kami menunggu kapan kepastian santunan itu ditransfer ke rekening ahli waris. Sebab nomor rekening juga sudah kami kirimkan, itu langkah yang kami lakukan,” katanya.

Supriyadi mengungkapkan pengusulan santunan ke Kemensos itu, syarat utamanya surat keterangan meninggal karena Covid-19 yang dikeluarkan oleh Dinkes Ponorogo. Sementara ini, data pasien Covid-19 yang meninggal yang dimiliki Dinsos P3A masih 17 orang, yang sudah diusulkan tersebut. Sisanya, kata Supriyadi pihaknya menunggu dari Dinkes Ponorogo.

“Untuk mengusulkan itu, intinya kami menunggu dari Dinkes, karena syarat utama ya keterangan meninggal dari Dinkes,” pungkasnya. [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar