Pendidikan & Kesehatan

Agar Tak Main Petasan di Bulan Ramadan, Anggota Polisi Ini Ajari Anak Mengaji

Kediri (beritajatim.com) – Bermain petasan menjadi kebiasaan bagi anak – anak di bulan ramadan. Padahal aktivitas tersebut sangat berbahaya. Untuk mengatasi masalah itu, seorang anggota polisi di Kediri memiliki cara tersendiri yaitu dengan mengajari mereka mengaji.

Ialah Aipda Syaiful Annam. Polisi cerdik yang mengajari ngaji anak-anak untuk mencegah agar tidak bermain petasan. Dia merupakan anggota Polsek Mojoroto yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Tamanan. Kebiasaan mengajar mengaji ini sudah dilakukan Aipda Syaiful sejak sebelum bulan ramadan.

Aipda Syaiful Annam membagikan ilmu agama yang dimilikinya kepada anak-anak di Lingkungan Kelurahan Tamanan. Baginya membagikan ilmu merupakan salah satu amal ibadah yang tidak akan terputus meski dia sudah tiada.

“Saya hanya berharap ilmu yang saya miliki ini bisa bermanfaat untuk orang lain,” tutur anggota Polsek Mojoroto ini. Namun bulan Ramadan menjadi bulan yang berbeda jika dibandingkan dengan bulan lainnya. Aipda Syaiful bisa merasakan masa kecilnya saat masih tinggal di Kabupaten Ponorogo. Kebiasaan mengaji saat berada di Ponorogo ingin dia hidupkan di Lingkungan Kelurahan Tamanan.

Hal itulah yang membuat Aipda Syaiful memilih mengajak anak-anak belajar mengaji daripada mengisi waktu dengan tidur atau bermain petasan. Sehingga waktu selama bulan Ramadan bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan positif untuk anak-anak. “Dulu waktu saya kecil sering sekali di desa kita anak-anak mengaji bersama daripada bermain petasan,” tutur Aipda Syaiful.

Tidak hanya mengajar bagaimana membaca Al Quran, Aipda Syaiful juga mengajar bagaimana tajwid dalam membaca Al Quran. Karena kesempurnaan membaca Al Quran tidak sekedar lancar membaca namun juga memperhatikan tajwid dan kandungan dalam Al Quran. [nm/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar