Pendidikan & Kesehatan

Adakah Obat untuk Mencegah atau Mengobati Virus Corona?

Penyemprotan disinfektan di Stasiun Malang.

Surabaya (beritajatim.com) – Wabah virus corona atau kerap disebut covid-19 terus meluas. Jumlah warga yang terjangkit semakin banyak.

Data terbaru, di seluruh dunia, warga yang positif sebanyak 244,525 orang. Pasien yang telah sembuh sebanyak 86,032 orang. Pasien meninggal sebanyak 10,031 orang.

Di Indonesia sendiri, warga yang positif terjangkit virus corona sebanyak 450 orang. Pasien yang berhasil sembuh sebanyak 20 orang. Adapun pasien meninggal sebanyak 38 orang.

Lalu, adakah obat yang bisa dipakai untuk mencegah atau mengobati virus corona?

Merujuk dari WHO, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam laman resminya menjelaskan bahwa sampai saat ini, belum ada obat khusus yang disarankan untuk mencegah atau mengobati penyakit yang disebabkan virus corona baru (COVID-19).

Mereka yang terinfeksi virus harus menerima perawatan yang tepat untuk meredakan dan mengobati gejala. Sedangkan mereka yang sakit serius harus dibawa ke rumah sakit. Sebagian besar pasien sembuh karena perawatan untuk gejala yang dialami.

Beberapa perawatan spesifik saat ini tengah diteliti, dan akan melalui uji klinis. WHO membantu mempercepat upaya penelitian dan pengembangan dengan sejumlah mitra. [but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar