Pendidikan & Kesehatan

Ada yang Demam Ringan Setelah Vaksin Covid tapi Cepat Sembuh

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko disuntik vaksin sinovac dosis kedua.

Malang (beritajatim.com) – Plt Kadinkes Kota Malang, Sri Winarni mengungkapkan usai vaksinasi tahap pertama tiga pekan lalu, puluhan tenaga kesehatan mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Gejala ini merupakan efek samping usai disuntik vaksin sinovac.

“Kalau yang ada itu KIPI-nya ringan. Ada yang demam dan ada yang alergi tapi itu kategori ringan. Hal-hal yang mungkin terjadi usai divaksin,” kata Sri Winarni, Senin (15/2/2021).

Sri Winarni mengatakan, para tenaga kesehatan yang mengalami efek samping sudah tertangani karena gejalanya ringan. Obat yang diberikan sama seperti umumnya yakni penurun demam.

“Sudah sembuh. Cuma ringan saja. Karena sama kayak anak-anak itu kan, ketika demam dikasih obat penurun demam,” ujar Sri Winarni.

Selain itu, soal Peratuean Presiden Nomor 14 Tahun 2021 yang mengatur persoalan seputar sanksi administratif maupun hukum pidana bagi orang yang menolak atau menghalangi pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Sejauh ini di Kota Malang belum ada yang menolak.

“Nah itu masih di tataran kebijakan pusat. Saya belum bisa memberikan statemen. Untuk di Kota Malang sendiri nggak ada laporan yang menolak divaksin,” tandasnya. [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar