Pendidikan & Kesehatan

Ada PPDB, Pengurusan Akta Kelahiran di Ponorogo Meningkat

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo Vifson Suisno

Ponorogo (beritajatim.com) –  Menjelang pendaftaran peserta didik baru (PPDB), banyak masyarakat yang mengurus akta kelahiran. Lantaran akta kelahiran tersebut digunakan sebagai salah satu syarat pendaftaran masuk sekolah.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo Vifson Suisno mengungkapkan minggu ini ada peningkatan pengurusan akta kelahiran, meski belum signifikan.

”Peningkatan sekitar 2-3 persen dalam beberapa hari terakhir ini,” katanya, saat dihubungi lewat sambungan telepon, Rabu (1/5/2019).

Dia menyebut biasanya per hari akta kelahiran yang diterbitkan mencapai 150-200 lembar. Beberapa hari terakhir, meningkat menjadi 250-an lembar. Meski  demikian, jumlah itu menurut Vifson masih dalam batas kewajaran.

Vifson mengungkapkan rencananya kartu identitas anak (KIA) juga dapat digunakan untuk persyaratan mendaftar sekolah. Namun rencana tersebut belum dapat diterapkan tahun ini lantaran keterbatasan dan kurang optimalnya penerbitan. Sehingga PPDB tahun ini masih menggunakan akta kelahiran sebagai syarat pendaftaran.

” Meskipun begitu, kami terus mengupayakan untuk cepat direalisasikan. Karena KIA juga memiliki fungsi sebagai identitas diri anak,” pungkasnya. (end/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar