Pendidikan & Kesehatan

Ada Nakes Positif Covid, Bupati Ponorogo Belum Tutup Puskesmas Sawoo

Bupati Ipong Muchlissoni

Ponorogo (beritajatim.com) – Pasca satu tenaga kesehatan (nakes) di Ponorogo dinyatakan terkonfirmasi positif, teman-temannya yang bekerja di Puskesmas Sawoo rencanya akan dilakukan rapid test. Selain itu, juga akan dilakukan test swab.

“Ditutup tidaknya tergantung hasil rapid test ini,” kata Bupati Ipong Muchlissoni, Selasa (21/7/2020).

Jika hasil rapid nakes yang bekerja disana non reaktif semua, maka puskesmasnya tidak di tutup. Namun kalau hasil rapidnya banyak yang reaktif, mungkin ditutup.

“Untuk sementara, menurut laporan yang saya peroleh, hasilnya non reaktif semua. Jadi Puskesmasnya tidak akan ditutup, namun mereka akan tetap dilakukan swab,” katanya.

Kondisi pandemi seperti sekarang ini, menurut Ipong justru Puskesmas sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Maka dari itu harus tetap buka. Dari nakes yang positif ini, dia menyebut jika tracing untuk sementara belum bertambah. Sebab, kebetulan nakes ini mobilitasnya selama ini cuma dari rumah ke puskesmas saja. Jadi yang bersangkutan tidak banyak ketemu orang lain.

“Untuk sementara ada 12 orang kontak eratnya. Jika ada yang positif ya akan dilakukan tracing lagi,” Jelas Ipong.

Diberitakan sebelumnya, satu lagi tenaga kesehatan (nakes) di Ponorogo terkonfirmasi positif Covid-19. Kali ini menimpa salah satu nakes yang sehari-hari bekerja di Puskesmas Kecamatan Sawoo Ponorogo. Laki-laki berusia 39 tahun itu, positif Covid-19 diduga tertular dari salah satu pasien yang terkonfirmasi positif sebelumnya. Yakni pasien perempuan 42 tahun asal Desa Wilangan Kecamatan Sambit.

“Nakes yang positif Covid-19 ini tertular dari pasien nomor 97 asal Desa Wilangan Sambit, ” kata Bupati Ipong Muchlissoni.

Mulanya yang bersangkutan melakukan kunjungan perawatan ke rumah pasien nomor 97, sebelum pasien tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Setelah hasil swab keluar yang menyatakan pasien nomor 97 ini positif, baru nakes tersebut melakukan pemeriksaan, baik itu rapid dan swab hingga akhirnya dirinya dinyatakan positif.

“Dari pasien nakes ini, kami sudah melakukan tracing. Dan didapatkan 12 kontak erat dan ini sudah dilakukan pengambilan swab,” katanya. (end/ted)






Apa Reaksi Anda?

Komentar