Pendidikan & Kesehatan

Ada Masalah Kesehatan dan Cedera Aktifitas atau Olahraga, Rumah Berkat Sehat Solusinya

Ahli Akupunktur Gemma Betty Marliana menangani pasien

Sidoarjo (beritajatim.com) – Terapi akupunktur (tusuk jarum) masih terus menjadi harapan masyarakat dalam mengobati atau mengatasi penyakit-penyakit yang ada dalam tubuh.

Karena akupunktur bisa membantu peredaran Qi (Energi Vital ) dan Xue (darah) sehingga ketika mengalami cedera akibat aktifitas / Olahraga ataupun penyebabnya tidak diketahui oleh penderita.

Misalnya adalah mengangkat beban berlebihan pada sendi bahu ataupun akibat melakukan pekerjaan yang menimbulkan kontraksi otot berlebihan secara terus menerus sehingga menyebabkan otot memendek.

Ada juga disebabkan karena cuaca yang menyebabkan otot tubuh menjadi kaku dan nyeri berkepanjangan atau cedera pada waktu nolahraga sehingga menyebabkan panas/ color, nyer/ dolor, merah/rubor, bengkak/ tumor, Fungsional terganggu/ menyebabkan pembatasan aktivitas dan ketidakhadiran kerja.

Seperti gangguan pada lumbago diartikan sebagai gangguan muskuloskeletal umum yang didefinisikan sebagai nyeri, ketegangan otot, kekakuan atau ketidaknyamanan di daerah lumbosakral, yaitu daerah di bawah costa dan di atas lipatan glutealis inferior.

Rasa nyeri dapat menjalar ke tungkai bawah. Lumbago bukan sebuah diagnosis suatu penyakit.
Dilakukan pemeriksaan fisik pada daerah yang cedera dan melihat keterbatasannya dan melakukan Akupunktur dan massase, kerja akupunktur dalam pemulihan cedera pada tubuh, salah satunya adalah dengan melebarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah.

Sehingga suplai oksigen dan nutrisi di daerah yang mengalami kerusakan menjadi lebih baik, yang pada akhirnya dapat membantu proses pemulihan. Cara kerja lainnya adalah akupunktur dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan beta endorfin, suatu senyawa dari dalam tubuh sendiri yang berfungsi untuk mengurangi peradangan, mengurangi rasa nyeri, dan sebagainya.

Masih banyak lagi cara-cara kerja akupunktur yang di tinjau sisi kedokteran timur menurut Chinese Medicine.

Menurut ahli akupunktur, Gemma Betty Marliana, akupunktur banyak berfungsi untuk kesehatan tubuh manusia dalam melancarkankan peredaran darah. Akupuntur diantarannya untuk mengatasi penyakit stroke, diabetes dan macam penyakit lainnya.

“Setiap hari buka praktek, banyak penderita stroke, diabetes dan lainnya yang datang berobat,” katanya saat ditemui di rumah berkat sehatnya di ATS, Jl. Perum Citra Fajar Golf No.1, Gebang, Kec. Sidoarjo Selasa (6/12/2022).

Betty menjelaskan, peran akupunktur bagi pasien stroke, yakni membantu mendorong perubahan aliran darah pada tubuh dan otak serta mampu merangsang produksi faktor pertumbuhan pada bagian saraf.

“Cara kerja ini akan jauh meningkat sehingga daerah sekitar tubuh yang mengalami kekurangan darah akan lebih cepat mengalami pemulihan,” tambahnya.

Terapi yang dilakukan dengan cara menusukan jarum kecil dan halus pada titik-titik tertentu pada permukaan kulit dan yang dirasakan penderita yang memunculkan rasa deqi/ nyeri sehingga menyebabkan reaksi kimia dan efek vasolitalasi ( pembuluh darah membesar) dan menuju ke Hiphotalamus selanjutnya akan terjadi perbaikan organ dan sistim syaraf dan endokrin.

Dalam Chinese Medicine Akupunktur melancarkan energy vital dan merangsang titik meridian yang ada di dalam tubuh

“Kebanyakan pasien yang datang, merasa sakit yang dialaminya berkurang dan lebih enak dari sebelumnya. Sampai akhirnya kembali dalam pertemuan kedua dan sakit yang diderita terasa lebih baik atau sembuh,” jelas wanita yang juga buka praktek terapi akupunktur di kawasan perumahan Pondok Jati Sidoarjo itu.

*Masase*

Selain akupunktur rumah berkah sehat juga melakukan pijat terhadap pasien yang mengalami cidera. Pijat merupakan perawatan kesehatan yang paling kuno dan sederhana dengan teknik menyentuh dan menekan bagian bagian tubuh untuk mempengaruhi syaraf dan otot agar mengendur sehingga dapat bekerja secara optimal sesuai fungsinya.

Fungsi masase

1. Sirkulasi darah/ pembuluh darah salah satu contoh adl distribusi o2 dan nutrisi untuk metabolism. Contoh sederhana varises adalah disebabkan aliran pembuluh darah vena yang banyak katup yg tidak lancar, memperlancar pasokan O2

2. Otot lurik. otot yang mudah lelah dan bekerja dibawah kehendak, rileksasi dan membantu memulihkan otot lurik yg memendek, mengontrol kontraksi otot, mengembalikan elastisitas otot, mengaktifkan energy otot.

3. Syaraf tepi dibawah kulit yang peka terhadap lingkungan dan membawa impuls syaraf ( pesan ) ke pusat syaraf sebagai konuktivitas – mengurangi nyeri.

4. Hormonal peningkatkan sistem hormonal

Betty juga berpesan gangguan kesehatan itu sebaiknya tidak diremehkan karena dapat menyerang siapa saja, termasuk orang yang berusia muda. Ia mencontohkan seperti diabetes yang tidak segera ditangani berisiko menyebabkan komplikasi serius, seperti gagal ginjal, stroke, termasuk penyakit jantung.

Ada masalah tentang kesehaan akupunktur solusinya kesehatan (stroke, kolestrol, asam urat, cedera dan lainnya). Ada masalah tentang ASI, produksi ASI sedikit, ada bendungan, datang ketempat kami. Dengan alamat Citra Fajar Golf ATS blok A No 1 Sidoarjo.

Konselor LAKTASI dan ahli dalam bendungan ASI, produksi ASI. Ingin bayi cepat naik berat badan, lakukan pijat di rumah berkat sehat dengan perjanjian waktu.

Rumah Berkat Sehat Akupuntur
0878-5139-3338
https://maps.app.goo.gl/nAbFHhcVjoU4jx7r6 (adv/isa)

Apa Reaksi Anda?

Komentar