Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Ada Belatung di Kaki Sapi Sakit Milik Salah Satu Warga Janggan Magetan

Toha Maksum

Magetan (beritajatim.com) – Kaki salah satu sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) di Desa Janggan, Poncol, Magetan, Jawa Timur mengeluarkan belatung. Sapi yang tadinya mengalami luka akibat kakinya melepuh dan kukunya lepas itu terdapat belatung di bekas luka kukunya.

Toha Maksum warga setempat, pemilik sapi membenarkan jika terdapat belatung di kaki salah satu sapi miliknya yang terjangkit PMK. Sementara, dia terus mencoba mengeluarkan belatung itu dengan alat seadanya dan menyemprotkan antiseptik ke kaki sapinya. Dia pun memberikan antibiotik untuk sapinya agar luka sapinya bisa benar-benar sembuh.

“Mulutnya sudah sembuh, kakinya secara kasat mata dari luar sudah sembuh, sudah bisa berdiri, tapi saya perhatikan ada luka yang belum benar-benar sembuh dan ada belatungnya. Kami masih coba keluarkan dengan alat seadanya dan saya semprot antiseptik. Sapi juga saya beri antibiotik. Saya curiga apakah ini penyakit yang lain atau karena luka dari PMK yang sudah parah,” kata Toha, Sabtu (18/6/2022).

Sementara, dirinya masih terus melakukan penanganan secara mandiri untuk sebanyak 11 ekor sapi miliknya. Hampir semuanya masih masa pemulihan karena beberapa sapi masih menderita sakit di kakinya sementara untuk mulut sudah tak terkendala.

“Kami sudah tidak bisa percaya lagi ke dinas terkait. Tidak ada pengobatan secara optimal. Katanya tidak ada yang mati ternyata juga bohong karena nyatanya milik rekan sesama peternak sudah ada yang mati di Desa Janggan ini. Kami hanya bisa memberikan obat, dan bertukar pengalaman sesama peternak yang memberikan pengobatan secara mandiri juga,” kata Toha.

Toha menyebut jika anggaran untuk pengobatan juga terus membengkak. Sementara, dia tak dapat menagih janji dari Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan yang katanya bakal memberikan pengobatan gratis bagi ternak yang sakit. Karena sudah sejak dua minggu melaporkan kondisi ternaknya, dia mengaku tak ada petugas dari dinas terkait yang mengecek ke kandangnya. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar