Pendidikan & Kesehatan

Ada 80 Ribu Jenis Penyakit Langka di Sekitar Kita

Seminar Hari Penyakit Langka Sedunia di UB Malang.

Malang (beritajatim.com) – Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Malang memberikan pembelajaran kepada mahasiswa dan masyarakat tentang penyakit langka yang ada disekeliling kita. Penyakit langka ini ada sekitar 80 ribuan jenis.

Pemateri dari FKUB dr Perdana Aditya Rahman, SpPd mengatakan, penyakit langka bisa dilihat dari pekerjaan seseorang, hobi, atau kebiasaan. Bahkan, penyakit langka ini adapula yang sulit didiagnosis oleh medis.

“Kita sosialisasikan kepada mereka (mahasiswa kedokteran) yang nantinya menjadi dokter supaya lebih aware. Karena kelangkaanya, maka kurang diketahui. Alat untuk mendiagnosis pun juga kurang,” kata Perdana, Sabtu, (11/1/2020).

Perdana mengatakan, salah satu contoh penyakit langka yang cukup dinamis adalah HIV. Awalnya pada tahun 1970-an penyakit ini dianggap langka, namun menjadi tidak langka karena jumlah pengidapnya banyak.

“Ada banyak penyakit langka dengan banyak namanya. Kriterianya kalau penderitanya kurang dari 200 ribu dari populasi di negaranya. Namanya macem-macem. Penyakit langka ada banyak jenisnya, tapi penderitanya itu jarang,” tandasnya.

Adapun seminar kesehatan tentang mengenal penyakit langka bagi mahasiswa dan warga ini digelar dalam Dies Natalis ke-46 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya sekaligus peringatan Hari Penyakit Langka Sedunia. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar