Pendidikan & Kesehatan

Ada 2 Prodi di Unair 100 Persen Diisi Perempuan

Rektor Unair Prof Muh Nasih

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Airlangga (Unair) merupakan kampus non teknik yang program studinya kebanyakan bidang ilmu sosial dan kesehatan. Oleh karenanya Unair menjadi kampus favorit tujuan kaum hawa berprestasi.

Rektor Unair Prof Muh Nasih mengatakan bahwa pada tahun ini 82 persen mahasiswa baru yang diterima di Unair melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah perempuan.

“Masih sama dengan tahun-tahun lalu, rupanya di Unair tahun ini eranya perempuan. Dari 1.492 peserta yang lolos seleksi, sejumlah 1.224 adalah perempuan. Itu artinya, 82 persen peserta yang diterima di Unair adalah perempuan,” ungkap Prof Nasih, Kamis (9/4/2020).

Selain itu, ada dua program studi (prodi) Unair dimana 100 persen yang diterima adalah perempuan, yaitu prodi Kebidanan dan Sistem Informasi. Meskipun demikian, Prof Nasih mengatakan akan terus berkomitmen untuk mengembangkan kemampuan mahasiswinya agar tidak kalah bersaing dengan laki laki di dunia kerja.

“Karena memang di Unair kampusnya komprehensif jadi peminatnya banyak perempuan. Ya kita selalu mendorong agar kemampuan lulusan perempuan juga tidak kalah bersaing dengan laki-laki di dunia kerja. Apalagi dalam mengharumkan dan berdedikasi untuk negara,” tukasnya.

Meski mayoritas diterima merupakan perempuan, lanjut Prof Nasih, bukan berarti pendaftar laki laki di Unair tidak banyak. Menurutnya, dari segi perolehan ranking sekolah didominasi perempuan.

“Karena ini SNMPTN, Saya melihat yang dapat ranking bagus di sekolah itu perempuan (ranking 1-10,red) jadi chance yang lebih besar diterima perempuan. Selain itu karena di Unair banyak prodi yang komprehensif, yang sedikit tekniknya,” pungkasnya. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar