Pendidikan & Kesehatan

ACT Kirimkan 1000 Ton Beras Ke Kalimantan Selatan

Pelepasan kapal kemanusiaan ACT
Surabaya (beritajatim.com) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali mengirimkan bantuan kepada korban bencana alam. Kali ini sebanyak 1000 ton beras dan logistik dikirimkan ke Kalimantan Selatan. Bantuan yang diangkut oleh kapal kemanusiaan ini dilepas langsung oleh Gubernur Jatim yang lekat disapa Khofifah ini bersama Ketua Dewan Pembina Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ahyudin, Ketua Dewan Pembina Yayasan Penguatan Peran Pesantren (YP3I) Abuya KH Mahfudz Syaubari serta Ketua YP3I Marzuki Alie, Sabtu (30/1/2021) di Dermaga Berlian Jasa Terminal Indonesia Tanjung Perak, Surabaya.

Bantuan Kemanusiaan itu diangkut menggunakan Kapal Sinar Ambon yang telah mengantongi Surat Persetujuan Berlayar dari Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak.

Atas bantuan yang dilepas hari ini, Gubernur Khofifah mengapresiasi ACT dan YP3I yang telah mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana banjir di Kalimantan Selatan. Menurutnya, partnership yang dibangun ACT dan YP3I dengan Pemprov Jatim menjadi bagian penting dalam membangun solidaritas dan soliditas kemanusiaan. “Soliditas dan solidaritas itu borderless, lintas daerah bahkan lintas negara, agama, suku maupun ras. Inilah proses yang dibangun untuk memperkuat hubungan antar sesama manusia,” ujarnya.

Khofifah menambahkam, melalui partnership ini, diharapkan bisa menjadi penguatan percepatan kesejahteraan kehidupan masyarakat. Apalagi, ACT memiliki komitmen yang sangat kuat dalam membangun persaudaraan kemanusiaan di dalam maupun di luar negeri. “ACT ini luar biasa, istiqomah untuk memberikan solidaritas kemanusiaan di Indonesia maupun di luar negeri,” katanya.

Sedangkan Ketua Dewan Pembina Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin mengatakan, dalam sepuluh hari ini terkumpul 4.300 ton bantuan pangan dan logistik. Dari total bantuan, hari ini dikirimkan sebanyak 1.000 ton bantuan. Sementara pada tanggal 27 Januari 2021, ACT juga telah dikirimkan ke Sulawesi Barat sebanyak 1.000 ton bantuan pangan dan logistik. [kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar