Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

94 Warga di Rapid Test Antigen, 13 Warga Pekayon Mojokerto Positif

Petugas melakukan tes rapid test terhadap 94 warga di Lingkungan Pekayon, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 94 warga di Lingkungan Pekayon RT 4 RW 1, Gang Baru Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto dilakukan rapid test setelah 12 warga dinyatakan positif Covid-19. Dari 94 warga tersebut, 13 warga dinyatakan positif.

Person In Charge (PIC) Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo melalui, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mojokerto, Heryana Dodik Murtono mengatakan, hasil tracing ada 94 orang yang dilakukan rapid test.

“Setelah diadakan penutupan akses, Dinkes mengirim tiga tim untuk melakukan tracing di Lingkungan Pekayon. Selain Gang Baru juga ada Gang 4 yang ada di seberang jalan. Dari kedua gang tersebut yang diperiksa petugas, dengan entry tes seluruh warga sebanyak 94 warga,” ungkapnya, Sabtu (26/6/2021).

Dari sebanyak 94 warga yang dilakukan rapid test, lanjut Dodik, ada 13 warga dinyatakan positif rapid antigen. Sebanyak 13 warga tersebut masih di berada dalam Lingkungan Pekayon untuk menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari Satgas Covid-19 Kota Mojokerto.

“Jadi 13 warga ini, masih menjalani isolasi mandiri sembari menunggu Rusunawa karena Rusunawa saat ini masih penuh. Kalau kosong kita geser kesana sehingga dilakukan isolasi mandiri dengan pengawasan yang ketat. Jenis Covid-19 masih kita koordinasi dengan Dinkes Provinsi Jawa Timur, sampel sudah dikirim ke sana,” ujarnya.

Dodik menjelaskan, dari hasil tracing yang dilakukan petugas di lapangan diketahui jika 11 warga terpapar Covid-19 karena ada salah satu warga yang merupakan tokoh masyarakat sakit dan meninggal. Setelah dilakukan PCR diketahui jika pasien positif Covid-19.

“Beliau imam mushola dan pernah berobat di bidan yang ada di gang ini. Hasil tracing pemicu awal, 12 warga positid Covid-19 dan satu meninggal dari sini. Sebanyak 11 pasien ini dirawat di RSU, RS Gatoel serta di RSI Sakinah, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto,” jelasnya.

Sebelumnya, Lingkungan Pekayon RT 4 RW 1, Gang Baru Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto dilakukan lockdown oleh Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Mojokerto. Ini setelah ditemukan 12 warga positif Covid-19 di lingkungan tersebut.

Sebanyak 12 warga positif Covid-19 tersebut merupakan warga satu lingkungan di satu Rukun Tetangga (RT) yang sama. Sehingga Satgas Covid-19 Kota Mojokerto menutup akses keluar masuk gang setelah dinyatakan zona merah penyebaran Covid-19. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar