Pendidikan & Kesehatan

8,64 Persen Peserta UTBK Tahap 1 Unair Tidak Hadir

Surabaya (beritajatim.com) – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahap 1 telah diselenggarakan dengan lancar tanpa kendala berarti. Namun Surabaya termasuk daerah dengan keikutsertaan terendah diantara daerah lainnya.

Tercatat di Pusat UTBK Universitas Airlangga (Unair) hanya sebanyak 91,36 persen yakni 1.137 saja peserta yang hadir. Ketua LTMPT, Prof Muh Nasih, mengatakan bahwa jika dibandingkan dengan Jakarta yang prosentase kehadirannya mencapai 97 persen. “Ya Surabaya yang tingkat kehadirannya Unair 91 persen, di ITS 93 persen,” ujar Prof Nasih.

Pada tahap 1 di Unair, peserta yang mendaftar sebanyak 12.926 siswa, sedangkan peserta hadir hanya 11.809 siswa. Artinya ada 1.137 siswa atau 8.64 persen peserta yang tidak hadir. Serta sebanyak 1102 peserta yang memanfaatkan rapid tes di Unair.

Sedangkan peserta yang dijadwalkan ulang pada tahap ke 2 yakni sebanyak 261 siswa. Prof Nasih mengatakan bahwa kebanyakan dari peserta yang dijadwal ulang merupakan peserta dengan hasil rapid tes reaktif. “Yang ikut rapid tes di Unair, ada 88 yang reaktif, kalau dari data dinkes, sepertinya sudah 50 orang yang hasil swab nya negatif. Jadi bisa ikut jadwal ulang pada tahap ke dua. Sisanya dari peserta yang rapid tes di luar,” tukasnya.

Selain itu, Prof Nasih juga mengatakan bahwa peserta yang memanfaatkan rapid tes onside di Unair kebanyakan merupakan warga Surabaya. “Ada 60 persen yang ikut rapid tes di Unair adalah warga Surabaya, 40 persen sisanya dari kita lainnya,” pungkas Prof Nasih.[adg/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar